Advertisement

PILKADES SLEMAN--2 Desa Usulkan Sosialisasi Tambahan

Hafit Yudi Suprobo
Rabu, 12 Februari 2020 - 18:27 WIB
Arief Junianto
PILKADES SLEMAN--2 Desa Usulkan Sosialisasi Tambahan Ilustrasi staf desa. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Sebanyak dua desa di kabupaten Sleman meminta sosialisasi tambahan terkait dengan sistem voting elektronik (voting-el) yang bakal diterapkan dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Sleman tahun ini.

Kepala Bidang Pengembangan Kelembagaan dan Aparatur Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Sleman Agung Endarto mengatakan kedua desa itu masing-masing adalah Desa Caturtunggal, Kecamatan Depok dan satu lagi desa di Kecamatan Seyegan. “Untuk satu desa di Seyegan, kami belum tahu pasti desanya mana, karena permintaan [sosialisasi tambahan] masih sebatas lisan. Padahal pengajuan sosialisasi hendaknya memang dilakukan melalui mekanisme secara tertulis,” kata dia, Rabu.

Advertisement

Secara keseluruhan, imbuh Agung, proses sosialisasi pelaksanaan Pilkades Serentak di Kabupaten Sleman sudah selesai. Namun, pihaknya memang masih menerima permintaan desa yang ingin mengajukan sosialisasi tambahan.

"Sosialisasi tambahan diajukan oleh desa karena merasa perlu untuk sosialisasi kedua, tujuan sosialisasi tambahan untuk lebih menjelaskan terkait dengan proses Pilkades serentak di masyarakat. Nantinya, diharapkan tahapan pemilihan ditingkat desa ini bisa berjalan tanpa kendala yang berarti," ujar Agung, Rabu (12/2/2020).

Dia menambahkan upaya sosialisasi masih difasilitasi oleh DPMD Sleman sebelum masa kampanye dimulai. "Masih kami fasilitasi sampai dengan sebelum masa kampanye dimulai. Jadi silakan ajukan secara tertulis," ucap dia.

Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Sleman Ani Martanti menargetkan partisipasi Pilkades yang akan dilaksanakan serentak di 49 desa se-Sleman pada Maret 2020 mendatang bisa mencapai 90% dari total nama yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT). "Sesuai hasil verifikasi penyelenggara pilkades, adapun jumlah DPT yang masuk terhitung sekitar 444.828 pemilih. Jumlah itu tersebar di 49 desa dan terbagi pada 1.102 TPS," ucap dia.

Sekadar diketahu, saat ini, tahapan pelaksanaan Pilkades Serentak di Kabupaten Sleman mulai memasuki pendaftaran calon. Terkait dengan jumlah nama yang mengajukan diri sebagai bakal calon kepala desa, berdasarkan data DPMP, sejauh ini sudah ada 147 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Predksi BMKG: Seluruh Wilayah Indonesia Hujan Lebat Hari Ini

News
| Sabtu, 27 April 2024, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement