Advertisement

Nelayan di DIY Butuh Banyak Pendampingan

David Kurniawan
Rabu, 12 Februari 2020 - 23:12 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Nelayan di DIY Butuh Banyak Pendampingan Ketua HNSI Gunungkidul, Rujimanto - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Gunungkidul, Rujimanto, menilai potensi laut di kawasan pesisir DIY masih sangat melimpah. Pasalnya, potensi yang dimiliki tidak hanya sebatas di sektor kepariwisataan, tetapi kekayaan hayati yang terkandung di laut juga dapat dimaksimalkan untuk kesejahteraan masyarakat, khususnya para nelayan.

Sayangnya, potensi ini belum dimaksimalkan oleh para nelayan. Menurut dia, ada faktor yang membuat keanekaragaman hayati belum dapat digarap dengan baik. Salah satu faktornya tak lepas dari semangat melaut nelayan di Gunungkidul. “Semangat ini masih butuh ditingkatkan. Ingat, nenek moyang orang Gunungkidul bukan pelaut, tapi petani. Jadi, agar semangat melaut bisa tertanam harus ada perhatian dari pemerintah,” katanya saat ditemui Harian Jogja, Rabu (12/2/2020).

Advertisement

Menurut dia, pendampingan dari pemerintah sangat penting agar nelayan bisa terus bersemangat. Bentuk perhatian bisa dilakukan dengan berbagai cara mulai dari pelatihan untuk meningkatkan kemahiran saat melaut hingga bantuan alat tangkap.

Menurut Rujimanto, bantuan alat tangkap ini sangat penting karena berdampak pada hasil produksi. “Ingat nelayan juga ada target untuk memenuhi hasil tangkapan ikan dari pemerintah. Jadi, semua harus bisa bersinergi agar potensi kelautan dapat dimaksimalkan untuk kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Selain itu, yang tak kalah penting pemerintah harus memberikan kepastian kepada para nelayan terkait dengan bahan bakar minyak untuk melaut. “Stok BBM ini harus dijaga sehingga nelayan mendapatkan kepastian berkaitan dengan BBM. Buat apa pendampingan hingga bantuan alat kalau bahan bakar melaut tidak ada sehingga nelayan tak bisa melaut,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

SYL Bebani Anak Buah di Kementan Rp800 Juta untuk Jalan-jalan ke Brasil dan AS

News
| Rabu, 08 Mei 2024, 18:27 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement