Advertisement

Bangun Pasar Munggi, Pemkab Minta Bantuan Pusat

David Kurniawan
Rabu, 12 Februari 2020 - 19:12 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Bangun Pasar Munggi, Pemkab Minta Bantuan Pusat Aktivitas perdagangan di kawasan Pasar Munggi, Desa Semanu, Kecamatan Semanu, seperti terlihat Minggu (9/2/2020). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Gunungkidul berencana merehabilitasi Pasar Munggi di Desa Semanu, Kecamatan Semanu. Untuk tahap awal, Pembangunan membutuhkan anggaran Rp12 miliar.

Kabid Pasar Disperindag Gunungkidul, Ari Setiawan, mengatakan jajarannya merencanakan pembangunan Pasar Munggi sejak tahun lalu. Untuk pembangunan terbagi dua yakni zona timur dan barat. Hanya, prosesnya baru direncanakan untuk sisi barat. “Untuk pembangunan pasar sisi barat membutuhkan anggaran hingga Rp12 miliar,” kata Ari kepada Harian Jogja, Rabu (12/2/2020).

Advertisement

Untuk rencana pembangunan Disperindag sudah mengajukan anggaran tugas pembantuan (TP) Rp6,9 miliar ke Kementerian Perdagangan. Namun hingga saat ini belum ada kepastian apakah pengajuan disetujui atau tidak. “Kami masih mencoba konfirmasi ke Pusat apakah mendapat dana TP atau tidak,” katanya.

Menurut Ari, pengajuan dana TP hanya bagian untuk pembiayaan pembangunan. Pasalnya, besaran anggaran yang diajukan tidak mencukupi untuk membangun secara keseluruhan. Oleh karena itu, Disperindag menyiapkan skema lain yakni dengan mengakses dana alokasi khusus (DAK) atau melalui pembiayaan APBD. “Semua peluang kami coba, tapi untuk tahun ini hanya dana TP yang disiapkan. Untuk DAK atau dana APBD kemungkinan baru tahun depan,” katanya.

Kepala Disperindag Gunungkidul, Johan Eko Sudarto, menyatakan jajarannya masih menuggu kepastian dana TP dari Kementerian Perdagangan untuk pembangunan Pasar Munggi. “Mudah-mudahan kami mendapatkan dana TP agar pembangunan Pasar Munggi bisa dilaksanakan tahun ini,” kata Johan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 8 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Warisan Dunia Tekankan Peran Anak Muda sebagai Pelestari Warisan Budaya Berkelanjutan

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement