Advertisement

Patroli Anak Nongkrong di Kulonprogo, The Cops Jaring Motor Blombongan

Jalu Rahman Dewantara
Minggu, 16 Februari 2020 - 11:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Patroli Anak Nongkrong di Kulonprogo, The Cops Jaring Motor Blombongan Tim The Cops saat memeriksa anak-anak muda yang tengah nongkrong di Stadion Cangkring, Kapanewon Wates, Sabtu (15/2 - 2020),.Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO - Tim khusus Polres Kulonpogo bernama The Cops melakukan patroli di sejumlah kawasan di Kulonprogo, Sabtu (15/2/2020) malam. Hasilnya, tim ini berhasil menjaring gerombolan anak muda yang kedapatan membawa sepeda motor berknalpot blombongan.

"Kebetulan kita mau patroli ke Pantai Glagah, pas lewat Stadion Cangkring, di situ kami lihat ada segerombolan anak muda, kita lalu lakukan pemeriksaan, tidak ada senjata tajam maupun sejenisnya, tapi pas kami cek kelengkapan kendaraan ada lima unit motor yang blombongan dan tidak ada spionnya sehingga kita perintahkan anggota satuan lalu lintas untuk melakukan penindakan," ujar PLH Wakapolres Kulonpogo, Kompol Sudarmawan di sela-sela patroli The Cops, Sabtu malam.

Advertisement

Sudarmawan menjelaskan, tugas utama The Cops yakni mengantisipasi kejahatan jalanan atau biasa disebut klithih. Sasaran utama tim ini yaitu anak-anak muda yang tengah nongkrong di pinggir jalan atau fasilitas umum lainnya, sampai larut malam.

Anak-anak muda yang nongkrong itu lalu didatangi untuk ditanyai apa keperluan mereka. Pemeriksaan juga dilakukan guna mengetahui ada tidaknya remaja yang membawa senjata tajam atau benda terlarang lain, semisal narkotika, atau sejenisnya.

Pemeriksaan juga menyasar kelengkapan berkendara mulai dari SIM, STNK, knalpot, spion, kelaikan velg dan sebagainya. Jika ditemukan pelanggaran terhadap kelengkapan tersebut, maka kendaraan akan langsung disita oleh jajaran Satuan Lalu Lintas.

Untuk imbauan, Sudarmawan meminta kepada masyarakat utamanya orang tua agar lebih peduli terhadap anak-anaknya. Orang tua harus selalu memantau pergaulan anak-anaknya agar tidak terjerumus ke hal-hal yang bersinggungan dengan tindak kriminal. "Karena ini bukan hanya tugas polisi semata, peran serta masyarakat dan orang tua sangat diperlukan," ucapnya.

Terkait aksi kejahatan jalanan, Kapolres Kulonpogo AKBP Tartono mengklaim sampai hari ini Kulonpogo masih kondusif perihal peristiwa tersebut. Dengan kata lain belum ditemukan adanya kasus klithih di Bumi Menoreh. "Meski begitu, kami tetap lakukan antisipasi dengan rutin patroli yang dilakukan oleh The Cops," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tak Lagi Dianggap Bagian dari PDI Perjuangan, Begini Respons Jokowi

News
| Rabu, 08 Mei 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement