Ditanya Kabar Proyek Underpass Gejayan, Sekda DIY: Tidak Semua Jalan Dibangun Underpass

Ilustrasi underpass - JIBI
17 Februari 2020 19:37 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Pemda DIY belum memikirkan perencanaan pembuatan underpass Gejayan karena harus mempertimbangkan banyak hal.

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji menjelaskan Pemda DIY saat ini belum memikirkan ke arah perencanaan pembangunan underpass Gejayan, meskin underpass Kentungan yang berada di sebelah baratnya telah selesai dibangun. Menurutnya banyak pertimbangan untuk membuat underpass, selain dari sisi pendanaan juga dampak ke perekonomian sekitar lokasi pembangunan.

"Kami belum [memikirkan ke arah pembangunan underpass Gejayan], itu pusat, bangun underpass ada filosofinya, tidak semua jalan kita bikin underpass. Ada kaitan dengan perekonomian di kiri dan kanan jalan, termasuk dari sisi pembiayaan," katanya di Kepatihan, Senin (17/2/2020).

Aji menegaskan belum dapat memastikan, apakah underpass Gejayan tetap berjalan seiring akan dibangunnya tol Jogja - Solo di titik tersebut. "Kalau dibuat underpass yang dipikirkan pertama kan arus lalu lintasnya, tetapi bagaimana kiri dan kanan dari sisi ekonomi kan perlu dipikirkan, sama dengan saat membuat jalur tertutup harus dipikirkan, mengapa tol dulu dibuat melayang, ya karena kita memikirkan, dampak sosial dan ekonominya," ujarnya.

Sebelumnya Kabid Bina Marga Dinas PUP ESDM DIY Bambang Sugaib menyatakan underpass Gejayan menjadi kewenangan Pemerintah Pusat. Namun hingga awal 2020 ini belum ada kejelasan terkait rencana pembangunannya. “ Dulu kami punya program itu, tentang Gejayan akan dilanjutkan di tahun berapanya belum ada informasi, tetapi kita memang berharap itu berharap bisa dilakukan [proyek underpass gejayan],” ujarnya.