Underpass YIA Diduga Jadi Arena Balap Liar

Kondisi lalu lintas di underpass YIA pada hari keempat uji coba, Senin (27/1/2020). - Harian Jogja/Lajeng Padmaratri
18 Februari 2020 12:52 WIB Lajeng Padmaratri Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO - Media sosial Twitter sedang diramaikan oleh postingan video berdurasi 30 detik yang menampilkan balapan liar yang diduga dilakukan di dalam underpass Yogyakarta International Airport (YIA). Terkait hal ini, Polres Kulonprogo akan segera lakukan penyelidikan.

Dalam video yang di-repost oleh akun Twitter @jogjaupdate pada Selasa (18/2/2020) tersebut, tampak dua mobil putih melintas dengan kecepatan tinggi di dalam underpass YIA. Tak tampak dengan jelas plat nomor mobil tersebut.

Dari pantauan Harian Jogja, postingan tersebut mendapat ratusan retweet dan likes.

Polres Kulonprogo akan melakukan penyelidikan terhadap kebenaran video tersebut. Kasatlantas Polres Kulonprogo, AKP Didik Purwanto mengaku akan melakukan pemanggilan jika terbukti memang ada balapan liar.

"Kami baru lakukan penyelidikan kebenaran video tersebut. Kalau ada perkembangan kami kabarkan," kata Didik.

Dari video tersebut, ia masih belum bisa memastikan plat nomor dari kedua kendaraan. Secepatnya pihaknya akan lakukan penyelidikan ini.

Kapolres Kulonprogo. AKBP Tartono menerangkan jika balapan di underpass YIA tidak berizin. "Tidak berizin dan mengganggu fasilitas umum,"ujarnya.

Menanggapi hal ini , Pejabat Pembuat Komitmen Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah DIY Kementerian PUPR, M. Syidik Hidayat mengaku akan mengecek kebenaran video tersebut. "Kami akan cek dulu. Di sana ada CCTV," kata dia ketika dihubungi melalui telepon.

Menurutnya, underpass tersebut tak boleh menjadi lokasi balapan liar lantaran ada standar maksimal kecepatan kendaraan yang melintas. "Standarnya kan 40 kilometer/jam,"ujarnya.