Advertisement

Tambah Pengetahuan tentang Media Cetak, Mahasiswa UNY Kunjungi Harian Jogja

Bernadheta Dian Saraswati
Rabu, 19 Februari 2020 - 17:32 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tambah Pengetahuan tentang Media Cetak, Mahasiswa UNY Kunjungi Harian Jogja Mahasiswa mata kuliah Produksi Media Cetak mendengarkan penjelasan dari Redaktur Pelaksana Harian Jogja Nugroho Nurcahyo saat berkunjung ke kantor Harian Jogja, Rabu (19/2/2020). - Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Mahasiswa mata kuliah Produksi Media Cetak dari jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berkunjung ke kantor Harian Jogja, Rabu (19/2/2020) sore. Kedatangan mereka untuk belajar proses produksi berita dan manajemen media cetak.

Selaku dosen pengampu mata kuliah tersebut, Ulfah Hidayati menjelaskan bahwa teori yang sudah diterima mahasiswa di kelas tidak cukup jika tidak dilengkapi dengan kunjungan ke perusahaan media cetak. Sebab, ilmu yang diperoleh mahasiswa di kelas hanya secara umum.

Advertisement

"Terlebih sekarang media cetak bersaing ketat dengan media online. Maka kami ingin melihat bagaimana media cetak ini bertahan," kata Ulfah kepada Harianjogja.com di sela-sela kunjungan, Rabu.

Ulfah mengakui jika saat ini pertumbuhan media online tidak terbendung. Kaum milenial juga lebih tertarik untuk mengonsumsi berita dari media online. Namun menurutnya pengenalan media cetak tetap penting.

"Kita belajar soal media cetak di era online seperti sekarang ini tetap relevan karena saat mengenal dan belajar seputar pers, cikal bakalnya [pers] adalah dari [media] cetak," tuturnya.

Menurutnya, maraknya media online yang menggeser minat pembaca media cetak adalah tantangan tersendiri. Namun, kata dia, media cetak masih memiliki kelebihan dibandingkan media online yakni dari sisi kedalaman.

"Kalau baca [berita] online, baru tengah-tengah baca, ada iklan klik ini klik itu. Tapi kalau cetak tidak. Kita bisa lebih fokus baca sehingga bisa mendalami isinya dengan baik," tuturnya.

Sementara itu, Redaktur Pelaksana Harian Jogja Nugroho Nurcahyo yang menerima kunjungan dari mahasiswa UNY tersebut menjelaskan berbagai hal tentang proses produksi berita. Mulai dari reporter yang ditugaskan untuk melakukan liputan, proses penulisan, deadline, listing berita, sampai mekanisme peletakan berita untuk halaman muka.

"Kendati sudah ada deadline, tetapi sifatnya dinamis untuk peristiwa-peristiwa yang besar dan sangat mendesak diberitakan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Eco-Enzyme, Atasi Sampah Hasilkan Rupiah

Eco-Enzyme, Atasi Sampah Hasilkan Rupiah

Jogjapolitan | 49 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konsumsi Sabu, Artis Rio Reifan Ditetapkan Tersangka

News
| Senin, 29 April 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement