PILKADA BANTUL: Hari Pertama Penyerahan Berkas Dukungan, Belum Ada Balon Independen yang Datang

ilustrasi. - dok
19 Februari 2020 19:27 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Hari pertama penyerahan dukungan bakal calon bupati dan wakil bupati Bantul dari jalur perseorangan (independen) di Bantul masih nihil pasangan calon yang datang. Sesuai jadwal, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul masih menunggu kesempatan penyerahan dukungan hingga 23 Februari mendatang.

“Sampai sore ini [kemarin] belum ada yang datang ke KPU,” kata Komisioner KPU Bantul, Joko Santoso, saat dihubungi Harianjogja.com, Rabu (19/2/2020).

Joko mengatakan proses penyerahan dukungan bakal calon bupati dan wakil bupati Bantul dari jalur perseorangan dimulai sejak 17-22 Februari. Penyerahan dukungan dilayani setiap hari kerja mulai dari pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB. “Sementara pada 23 Februari [hari terakhir], ditunggu sampai pukul 24.00 WIB,” kata Joko.

Dia pun mengaku belum tahu siapa pasangan bakal calon independen yang akan datang menyerahkan dokumen dukungan. Sejauh ini, imbuh dia, hanya pasangan Hendri Hendradi dan Budi Suprayogi yang intens berkomunikasi dengan KPU Bantul, bahkan keduanya pun sudah mendapatkan password dan username sistem informasi pencalonan (Silon).

Sesuai aturan, pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Bantul dari jalur independen di Bantul harus mengumpulkan dukungan sebanyak 53.026 orang yang dibuktikan dengan fotokopi kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) atau surat keterangan sedang melakukan perekaman KTP-el dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil). Selain itu, sebaran dukungan pun minimal harus 50% dari luas wilayah atau sembilan kecamatan dari total 17 kecamatan.