Advertisement

Merapi Semburkan Abu 6 Kilometer, Sultan: Ora Papa

Sunartono
Selasa, 03 Maret 2020 - 21:57 WIB
Bhekti Suryani
Merapi Semburkan Abu 6 Kilometer, Sultan: Ora Papa Gunung Merapi mengalami erupsi pada Selasa (3/3/2020). - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gubernur DIY Sri Sultan HB X menyatakan erupsi Merapi harus disikapi sebagai kewajaran aktivitas gunung berapi. Erupsi dengan skala kecil justru menjadi solusi terbaik daripada meletus dengan skala besar.

Sultan mengatakan tidak masalah meski Merapi erupsi pada Selasa (3/3/2020) pagi. Menurutnya lebih baik erupsi skala kecil tersebut daripada meletus dengan skala besar secara tiba-tiba. “Ora papa [tidak apa-apa], erupsi [skala kecil dengan intensitas sering] itu lebih baik daripada meletus [skala besar], kalau meletus itu ke atas, kalau erupsi itu hanya nek wong Jowo ngarani ndledek [orang Jawa menyatakan istilahnya meleleh],” katanya Selasa (3/3/2020).

Advertisement

Erupsi tersebut perlu disikapi dengan bijak dan tidak perlu dibesar-besarkan. Karena warga sekitar lereng Merapi sudah terbiasa. “Kalau itu disumpeli malah repot, memang Merapi itu Gunung teraktif di dunia kok. Kita saja yang mempermasalahkan, coba tanya sekitar merapi, mereka biasa,” ujarnya.

Sultan tidak mempermasalahkan dengan masih beroperasinya penambangan warga di sekitar sungai yang berhulu di Merapi. Ia yakin jika sudah merasa terganggun maka penambang akan meninggalkan lokasi tersebut untuk mencari tempat aman. Sultan percaya warga sekitar lereng Merapi sudah bisa membaca aktivitas gunung tersebut dan bisa mengambil langkah terbaik jika terjadi peningkatan aktivitas.

“Enggak apa-apa kalau merasa terganggu kan dia minggir sendiri, orang lereng Merapi sudah tahu sendiri apa yang harus dilakukan, tidak usah diajari. Karena mereka sudah [merasakan] setiap empat tahun sekali ada kejadian, dia sudah punya pengalaman,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement