Advertisement

Panik Wabah Corona, Stok Masker di Sleman Menipis

Abdul Hamied Razak
Selasa, 03 Maret 2020 - 20:37 WIB
Bhekti Suryani
Panik Wabah Corona, Stok Masker di Sleman Menipis Kertas pengumuman "Maaf Stock Masker Kosong" dipasang di pintu Apotik Hayam Wuruk, Jogja, Selasa, (3/3/2020). - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Dinas Kesehatan Sleman mengimbau agar masyarakat tidak panik dengan isu wabah Corona. Khususnya terkait penggunaan masker, masyarakat diharapkan lebih bijak menggunakannya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman, Djoko Hastaryo menjelaskan, saat ini Dinas menerapkan kebijakan efisiensi penggunaan masker. Kebijakan tersebut diambil lantaran jumlah masker di pasaran saat ini terbatas. Apalagi stok masker yang dimiliki Dinas sebenarnya untuk persiapan jika erupsi Merapi terjadi.

Advertisement

Menurutnya, stok masker harus tersedia minimal 30% dari jumlah penduduk Sleman. Hanya saja jumlah masker saat ini terus berkurang seiring dengan sulitnya Dinas mendapatkan barang tersebut dari distributor.

"Jumlah masker yang biasa saat ini tinggal sekitar 542.000 lembar dan masker N-95 sekitar 2.420 masker. Kalau dibilang kurang ya kurang, makanya kami lakukan efesiensi agar pendistribusiannya lebih tepat," katanya, Selasa (2/3/2020).

Dijelaskan Djoko, di Puskesmas rata-rata stok masker yang disediakan 1.000 lembar per Puskesmas. Masker tersebut biasanya digratiskan bagi pengunjung yang membutuhkan. Namun saat ini, pihaknya meminta Puskesmas agar hanya memberikan masker kepada pasien yang sudah diperiksa dan sakit.

Penggunaan masker saat ini diprioritaskan bagi pasien ISPA, mengarah pneumonia, batuk pilek dan sesak napas. "Masyarakat yang sehat dan tidak sakit tidak perlu menggunakan masker. Cukup dengan menjaga kondisi tubuh agar fit," katanya.

Seiring merebaknya wabah Corona, Dinkes berharap agar masyarakat lebih meningkatkan pola hidup bersih dan sehat agar terhindar dari virus tersebut. Selain PHBS, warga juga diminta untuk selalu menjaga kondisi tubuh tetap fit, rajin berolah raga dan mengonsumsi vitamin dan jamu.

Dinas, katanya, meminta agar seluruh Puskesmas untuk tidak menyepelekan pasien dengan gejala ISPA. Penanganan pasien ini juga harus dilengkapi dengan wawancara. "Jika ada gejala demam, sakit tenggorokan, batuk dan sesak nafas, apalagi ada kontak kunjungan dari luar negeri, harus dirujuk Sarjito atau panembahan Senopati," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditanya soal Kemungkinan Maju di Pilkada, Kaesang Memilih Ini

News
| Jum'at, 26 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement