Dinas Pariwisata: DIY Aman Dikunjungi

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo (tengah) menempelkan poster imbauan terkait Covid-19 di pintu salah satu objek wisata di DIY, belum lama ini. - Istimewa/Dinas Pariwisata DIY
08 Maret 2020 21:07 WIB Arief Junianto Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Pariwisata (Dispar) DIY terus memublikasikan bahwa DIY adalah daerah yang aman dikunjungi, khususnya oleh wisatawan di tengah maraknya berita soal virus Corona (Covid-19). Salah satunya adalah dengan memasang poster-poster imbauan terkait dengan virus tersebut.

Kepala Dispar DIY Singgih Raharjo mengatakan kegiatan itu adalah salah satu tindak lanjut dari Dispar DIY atas surat edaran dari Gubernur DIY Sri Sultan HB X soal merebaknya Covid-19 di Indonesia, tak terkecuali di DIY.

Salah satu kegiatan yang dilakukan, kata dia, adalah dengan intens memonitor area pintu masuk DIY yaitu di Bandara Internasional Adisutjipto dan Stasiun Tugu, Kamis (5/3). Selain itu, dinasnya juga aktif memasang poster soal imbauan mengenai Covid-19 di sejumlah objek wisata, di antaranya adalah di objek wisata Nglanggeran, Gunungkidul, dan Lintang Sewu, Mangunan, Bantul.

Singgih menambahkan selama ini pengelola objek wisata Nglanggeran telah mengantisipasi Covid-19 dengan pembudayaan hidup sehat. Salah satunya adalah penyediaan sabun cair di setiap titik, termasuk di pintu masuk retribusi. “Atas dukungan dari Dinas Kesehatan [Kabupaten Gunungkidul], di sana [Nglanggeran] juga telah dilengkapi fasilitas hand sanitizer,” ucap Singgih.

Pada prinsipnya, untuk menanamkan kepercayaan wisatawan kepada DIY, setiap pengelola objek wisata diminta peka terhadap isu merebaknya Covid-19.

“Salah satnya adalah dengan pembudayaan hidup sehat di lokasi objek wisata,” kata Singgih.