Advertisement

Terdampak Corona, PHRI Berharap Ada Penundaan Angsuran

Muhammad Nadhir Attamimi
Kamis, 19 Maret 2020 - 20:27 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Terdampak Corona, PHRI Berharap Ada Penundaan Angsuran Ibu-ibu warga Desa Mulo, Kecamatan Wonosari, memainkan gejog lesung sebagai salah satu atraksi wisata di Geosite Gua Ngingrong, Kamis (11/4/2019). - Harian Jogja/Rahmat Jiwandono

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dampak penyebaran virus Corona (Covid-19) mulai dirasakan pengelola objek wisata dan perhotelan. Menyusul merosotnya angka kunjungan wisata, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Gunungkidul berharap Pemerintah Pusat melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bisa mengeluarkan kebijakan terkait dengan penundaan angsuran di lembaga keuangan.

"Kalau bisa ada penundaan angsuran, karena banyak pengusaha yang mempunyai pinjaman, paling tidak diberi kelonggaran tiga sampai empat bulan ke depan," kata Ketua PHRI Gunungkidul, Sunyoto, Kamis (19/3/2020).

Advertisement

Menurut Sunyoto permintaan tersebut bukan bentuk penghapusan utang, tetapi penundaan pembayaran dalam kurun waktu tertentu. Setelah seluruh sektor bangkit, pengusaha mulai aktif membayar angsuran. "Kebijakan seperti uitu sangat membantu kami, karena saat ini para pengusaha tidak memiliki uang, entah karyawan bisa gajian atau tidak," katanya.

Sunyoto menuturkan dampak awal corona yakni turunnya angka kunjungan wisatawan asing belum berdampak secara signifikan. Tetapi setelah pemerintah mengeluarkan kebijakan penundaan kegiatan di luar rumah atau kegiatan keluar daerah, pendapatan langsung terjun bebas. "Kebijakan tersebut benar-benar memukul kami. Ada ribuan pesanan hotel dan restoran yang dibatalkan dan ada yang ditunda," katanya.

PHRI berharap Pemerintah Pusat memberikan kebijakan stimulus serta kebijakan dalam bentuk keringanan kepada para pelaku usaha pariwisata yang terancam merugi.

Sekretaris Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul, Antonius Hary Sukmono, tak menampik adanya penurunan angka kunjungan wisatawan di Gunungkidul. Ia meminta semua pihak bisa menyikapi bencana nasional ini dengan bijak dan sabar. Ke depan tinggal bagaimana bersama-sama memutus rantai bencana ini agar tidak lebih besar lagi.

"Dispar bersama mitra berkomitmen sekaligus menjalankan aksi nyata mereduksi dampak Covid-19, sehingga dampaknya tidak semakin meluas, baik bagi pelaku wisata maupun wisatawan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Viral! Istri Siri Polisi Curhat Alami KDRT, Kompolnas Surati Kapolda Kepri

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement