Warga Jogja Dinilai Nurut, Seperti Ini Sepinya Kawasan Tugu Jogja hingga Titik Nol Km

Penampakan sejumlah kawasan di Jogja sepi. - Ist/ tangkapan layar twitter @Merapi_news
23 Maret 2020 13:47 WIB Newswire Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Adanya pandemi corona membuat suasana masyarakat di Jogja berubah. Tlatah Ngayogyakarta Hadiningrat ini tak seperti biasanya yang sepi. Sejumlah titik lokasi yang biasanya penuh orang dan kendaraan berubah menjadi sangat sepi.

Situasi tersebut juga masih terjadi hingga Senin (23/3/2020). Seperti dibagikan ke Twittter oleh akun @diahstngsh_, beberapa tangkapan layar pantauan CCTV Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) DIY dari aplikasi Jogja Istimewa menunjukkan, mulai dari kawasan Tugu Pal Putih, Malioboro, Pasar Beringharjo, Titik Nol Kilometer, hingga Alun-Alun, semuanya benar-benar sepi.

Suasana sepi tanpa ada kerumunan seperti biasanya pun memperlihatkan bersihnya Kota Jogja. Tak ada sampah berceceran, dan trotoar pun tertata rapi.

Terlihat ada satu-dua orang yang tertangkap CCTV. Namun, jumlah mereka bisa dihitung jari dan berdiri berjauhan antara satu dengan yang lain.

Kolase foto suasana sepi Jogja itu kemudian dibagikan ulang oleh akun @merapi_news, dengan cuitan berbunyi, "Jogja 23 Maret 2020, semoga lekas membaik."

Tak ayal warganet bertukar komentar melihat wajah Jogja yang berbeda dari sehari-hari sebelum wabah corona itu. Tak sedikit dari mereka yang memuji warga Jogja karena mematuhi imbauan pemerintah untuk tidak keluar rumah dan menjaga jarak dengan orang lain (social distancing) demi menekan angka penularan virus corona.

@akhlis1300: Senangnya bisa serapi ini.

@NurHarjanti: Alhamdulillah cukup tertib masyarakatnya.

@anazizahh: Alhamdulillah pada nurut warganya. Semoga keadaan lekas membaik :")

@dididi0991: Alhamdulillah artinya masyarakat sudah paham untuk social distancing.

@kwsupeer: Alhamdulillah, masyarakat Jogja tertib.

Sumber : Suara.com