Ada 82 ODP dan 19 PDP Covid-19 di Bantul, Masyarakat Harus Waspada

Ilustrasi. - Antarafoto/Aswaddy Hamid
23 Maret 2020 18:17 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL-Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), Sri Wahyu Joko Santoso menyebut jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 di Bantul sebanyak 19 orang dan positif satu orang.

“Per 23 Maret pukul 13.00 WIB data kasus yang bisa kami sampaikan dalah PDP 19 orang, pasien confirm positif satu orang dan ODP empat orang [yang dirawat],” kata Sri Wahyu, Senin (23/3/2020) siang. Ia menyatakan data yang disebutkannya itu adalah data pasien yang sampai saat ini dirawat di rumah sakit.

Adapun PDP yang dirawat inap tersebar di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panembahan Senopati Bantul, RS PKU Muhammadiyah Bantul dan Rumah Sakit Pusat Angkatan Usara Hardjolukito. Sementara ODP yang dirawat dan isolasi mandiri sebanyak 82 orang.

Sri Wahyu mengimbau masyarakat tidak panik dan resah dengan adanya wabah virus Corona tersebut. Namun keaspadaan tetap diperlukan dengan berhati-hati dan berjaga-jaga.Seandainya mengalami masalah kesehatan agar segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat.

Pria yang disapa dokter Oky ini juga meminta jika ada masyarakat yang merasa mempunyai riwayat bepergian dari daerah terjangkit atau berkontak dengan terduga Covid-19 untuk melakukan beberapa hal.

“Jika tanpa ada gejala maka diminta melakukan self monitoring atau isolasi, membatasi aktifitas bertamu dengan banyak orang, lebih baik berdiam diri di rumah. Dan bila mempunyai gejala batuk, demam, pilek dengan riwayat tersebut diatas mohon untuk memeriksakan diri pelayanan kesehatan terdekat,” kata Oky.

Grafis:

Total data ODP, PDP dan Positif Covid-19 per Kecamatan di Bantul per 23 Maret 2020, pukul 13.00 WIB

Bambanglipuro: 8 ODP dan 2 PDP

Banguntapan: 10 ODP dan 4 PDP

Bantul: 12 ODP, 4 PDP, dan 1 Positif

Dlingo: 1 ODP

Jetis: 6 ODP dan 1 PDP

Kasihan: 4 ODP 2 PDP

Pandak: 3 OPD 2 PDP

Piyungan: 3 ODP 2 PDP

Pleret: 5 ODP

Pundong: 5 ODP

Sanden: 2 ODP 1 PDP

Sewon 2ODP 1 PDP

Srandakan: 8 ODP

Sedayu: 0

Pajangan: 1 ODP

Kretek: 8 ODP

Imogiri: 1 ODP