Hendak Mencuci, Samiyati Tenggelam di Telaga Namberan

Ilustrasi. - Antara
25 Maret 2020 20:47 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Samiyati, 30, warga Dusun Namberan, Desa Karangasem, Kecamatan Paliyan, ditemukan tewas tenggelam di Telaga Namberan, Rabu (25/3/2020) pagi. Diduga korban terpeleset saat mencuci pakaian di telaga tersebut.

Salah seorang warga Dusun Namberan, Wanto, mengatakan, tidak ada yang tahu persis kejadian saat korban tenggelam. Pasalnya, keadaan di sekitar telaga masih sepi dan belum banyak warga yang beraktivitas. “Biasanya area telaga digunakan untuk mencuci,” kata Wanto, Rabu siang.

Menurut dia, hilangnya korban diketahui saat suaminya mencari keberadaan Samiyati. Saat mencari, di sekitar telaga hanya ditemukan ember dan pakaian yang hendak dicuci. “Warga ikut mencari dan korban ditemukan di dasar telaga. Setelah dievakuasi jasad korban langsung diserahkan kepada keluarga,” katanya.

Kapolsek Paliyan, Edi Purnomo, saat dikonfirmasi membenarkan adanya informasi seorang warga yang tenggelam di Telaga Namberan. Peristiwa tersebut terjadi karena korban tidak bisa berenang hingga korban tenggelam di telaga. “Kemungkinan besar korban terpeleset saat hendak mencuci. Karena tidak bisa berenang korban kemudian tengelam,” kata Edi.

Menurut dia, pada saat kejadian kondisi sekitar telaga masih sepi. Peristiwa ini baru diketahui saat suami korban curiga karena Samiyati belum pulang setelah pamit mencuci sekitar pukul 06.00 WIB. “Suaminya curiga karena dua jam mencuci tetapi belum pulang,” ungkapnya.

Edi menuturkan jajarannya sudah memeriksa jenazah korban dan tidak ditemukan luka bekas penganiayaan. Mantan Kapolsek Gedangsari ini berharap peristiwa itu dijadikan pelajaran bersama sehingga kejadian yang sama tidak terulang. Dia mengimbau kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati saat beraktivitas sehingga hal-hal yang tak diinginkan bisa diantisipasi.