Advertisement

Stok Darah di PMI Gunungkidul Kian Menipis

Muhammad Nadhir Attamimi
Minggu, 29 Maret 2020 - 21:27 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Stok Darah di PMI Gunungkidul Kian Menipis Ilustrasi Donor darah - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Palang Merah Indonesia (PMI) Gunungkidul melaporkan adanya penurunan stok darah secara drastis. Kondisi ini terjadi sebagai imbas dari penyebaran virus Corona (Covid-19) dan penerapan social distance sebagai langkah antisipasi penyebaran virus ke masyarakat secara langsung.

"Stok darah semakin menipis, selama beberapa hari terakhir pendonor darah setiap hari rata-rata hanya lima sampai tujuh orang," kata Ketua PMI Gunungkidul, Iswandoyo, saat ditemui Harian Jogja, Minggu (29/3/2020).

Advertisement

Ia menjelaskan pada hari biasa pendonor yang datang langsung ke Kantor PMI Gunungkidul mencapai 15 orang per hari. Tak hanya itu, dampak dari Covid-19 ini, banyak kelompok maupun lembaga yang ada di Gunungkidul yang membatalkan aksi donor darah massal.

"Kelompok atau lembaga yang biasanya menggelar donor darah massal membatalkan semua kegiatan. Padahal ada kelompok yang setiap menggelar kegiatan diikuti sekitar 100 orang," katanya. Menurut dia, penurunan stok darah saat ini mencapai 50%. "Darah yang sering dibutuhkan biasanya golongan A, AB dan O," ujar Iswandoyo.

Menghadapi kondisi seperti ini, PMI Gunungkidul terus berusaha melakukan langkah kongkret agar masyarakat kembali mau mendonorkan darahnya, mulai dari menggelar sosialisasi melalui media sosial hingga turun langsung ke lapangan dengan menyambangi kelompok maupun lembaga.

Ia memastikan dalam proses pengambilan darah semua protokol kesehatan diterapkan, baik dari petugas, pendonor, hingga teknis donor darah. Menurut dia, protokol ini merupakan bentuk kesiapsiagaan PMI dan seluruh karyawan untuk melakukan langkah pencegahan penyebaran virus tersebut.

"Protokol kesehatan sudah ada. Jadi kami menunggu kehadiran masyarakat, persediaan kami sangat terbatas, tidak sebanding dengan kebutuhan yang terus meningkat," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditanya soal Kemungkinan Maju di Pilkada, Kaesang Memilih Ini

News
| Jum'at, 26 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement