Advertisement

Banyak PO Bus Berhenti Beroperasi

Lugas Subarkah
Rabu, 01 April 2020 - 19:47 WIB
Arief Junianto
Banyak PO Bus Berhenti Beroperasi Suasana Terminal Giwangan yang lengang, Rabu (1/4). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebagian besar perusahaan otobus (PO) memilih tidak beroperasional. Hal itu lantaran sepinya mobilisasi antardaerah di Terminal Giwangan, Jogja.

Kepala Stasiun Pelayanan Terminal Giwangan, Bekti Zunanta, menuturkan dibanding dua pekan awal bulan Maret 2020, pada pekan ketiga dan keempat terjadi penurunan penumpang keberangkatan sebesar 50% dan penurunan penumpang kedatangan sebesar 51,57%. “Beberapa PO yang telah berhenti beroperasi di antaranya Citra Adi Jaya, Akas, Ramayana, Nusantara, Eka dan Sugeng. PO yang masih beroperasi jumlah unitnya sangat berkurang, seperti Efisiensi yang saat ini hanya tiga unit,” kata dia, Rabu (1/4/2020).

Advertisement

Karena sedikitnya penumpang, dia mengungkapkan di Terminal Giwangan banyak bus yang sekadar numpang parkir. Hal ini terjadi karena mereka tidak berani berangkat dan keluar biaya operasional sementara penumpang hanya segelintir orang. “Kalau Trans Jogja masih stabil, meskipun tidak ada penumpangnya juga,” katanya.

Kepada PO yang masih beroperasional pihaknya mewajibkan untuk mentaati protocol pencegahan covid-19, dengan menyediakan tempat cuci tangan, menggunakan masker bagi penumpang, cek suhu tubuh dan menyemprotkan disinfektan pada bus.

Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi, mengatakan selama Maret, orang yang datang ke Kota Jogja tercatat sebanyak 550 orang. “Ada yang dari luar negeri. Sebagian besar sudah mengisolasi. Orang yang baru datang langsung menjadi ODP [Orang Dalam Pemantauan], diwajibkan periksa dan mengisolasi 14 hari,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement