Kabar Gembira, Bayi Terjangkit Corona Asal Kulonprogo Dinyatakan Sembuh

Ilustrasi penemuan bayi. - Okezone
05 April 2020 11:17 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO--Bayi terjangkit Coronavirus Disease (Covid-19) yang dirawat di RSUD Wates, dinyatakan sembuh.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kulonprogo, Sri Budi Utami mengatakan berdasarkan hasil tes swab kedua, Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta, yang keluar pada Sabtu (4/4/2020), bayi berusia empat bulan itu dinyatakan telah negatif corona.

"Kemarin [Sabtu] sudah ada data lab yang menyatakan hasilnya negatif," ujar Sri Budi Utami, Minggu (5/4/2020) pagi.

Meski sudah dinyatakan negatif, bayi tersebut belum diperbolehkan pulang. Hingga saat ini bayi itu masih dalam perawatan pihak RSUD Wates. Namun demikian, Sri menyatakan, proses perawatan ini tidak akan belangsung lama.

"Mungkin untuk satu atau dua hari ini, sambil memastikan bahwa kondisi secara umum siap untuk dipulangkan," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, bayi berjenis kelamin laki-laki asal Kapanewon Wates itu telah dirawat di RSUD Wates sejak Selasa (17/3/2020) karena mengalami demam dan sesak nafas usai berpergian dengan orang tuanya dari salah satu kota di Jawa Tengah.

Untuk alasan keamanan--mengingat riwayat perjalanan dan gejala sakit yang diderita-- RSUD Wates lantas mengisolasi bayi tersebut. Bersamaan dengan hal itu, status bayi dimasukkan ke dalam kriteria Pasien Dalam Perawatan (PDP).

Selama proses perawatan di RSUD Wates, BBTKLPP Yogyakarta juga melakukan tes swab untuk kali pertama terhadap bayi tersebut. Hasil tes yang keluar pada Rabu (25/3/2020) itu menunjukkan bahwa bayi tersebut positif terjangkit corona.

Karena positif, bayi ini masih harus menjalani perawatan di RSUD Wates. Selama proses perawatan berlangsung, sampel spesimen bayi kembali diuji oleh BBTKLPP Yogyakarta. Pada Sabtu (4/4/2020), hasil tes swab kedua itu telah keluar, dan hasilnya menunjukan bahwa bayi tersebut dinyatakan negatif corona.