Gerindra Gunungkidul Bergejolak, Purwanto Klaim Pimpin DPC

Logo Partai Gerindra - istimewa
13 April 2020 20:47 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pergantian pucuk pimpinan di DPC Partai Gerindra Gunungkidul memicu gejolak. Anggota DPRD DIY Purwanto mengklaim ditunjuk menjadi Ketua DPC Gerindra Gunungkidul menggantikan Ngadiyono sesuai dengan SK DPP Gerindra No.03.0053/KPTS/DPP-Gerindra/2020 tertanggal 20 Maret 2020. Di sisi lain, Ngadiyono berkeras masih sebagai ketua.

“Penunjukan disertai surat resmi yang ditandatangani oleh Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subiyanto, dan Sekretaris Jenderal Ahmad Muzani,” kata Purwanto kepada wartawan, Senin (13/4/2020).

Menurut dia, adanya surat ini juga mencabut SK DPP No.0047/KPTS/DPP-Gerindra/2018 yang dikeluarkan 25 Januari 2018 tentang Susunan Personalia DPC Gerindra Gunungkidul. Dengan SK terbaru maka ada proses pergantian kepengurusan di tubuh DPC Partai Gerindra Gunungkidul.

Ia menegaskan adanya pergantian kepengurusan ini merupakan hal biasa dan tidak ada masalah apapun di DPC. “Pak Ngadiyono ada tugas untuk mengawal pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur. Jadi, biar fokusnya tidak terpecah, maka diusulkan adanya perubahan pengurusan,” katanya.

Purwanto mengungkapkan, proses pergantian pengurus merupakan aspirasi dari bawah dan telah diajukan sejak November 2019. Hanya, surat dari DPP baru turun pada Maret 2020. “Perubahan disetujui dan saya ditunjuk sebagai Ketua DPC Gerindra Gunungkidul menggantikan Ngadiyono,” katanya.

Menurut dia, meski ada pergantian susunan kepengurusan, secara umum tidak banyak perubahan. Untuk sekretaris tetap dipercayakan kepada Rugiyanto, sedang jabatan bendahara yang sebelumnya dipegang oleh Bambang Adi Waluyo diserahkan kepada anggota DPRD Gunungkidul Eckwan Mulyana. “Untuk Ngadiyono diangkat sebagai Dewan Penasihat sedangkan Bambang Adi Waluyo menjadi Wakil Ketua I DPC Partai Gerindra Gunungkidul,” kata Purwanto.

Disinggung mengenai dukungan dalan pilkada, Purwanto mengaku belum bisa berkomentar banyak. Hal ini dikarenakan melihat kondisi terkini dengan tahapan yang belum pasti karena pandemi Corona. “Belum ada dan nantinya keputusan berada di tangan DPP,” kata mantan Anggota DPRD Gunungkidul ini.

Sekretaris DPC Gerindra Gunungkidul, Rugiyanto, membenarkan adanya perubahan struktur kepengurusan di tubuh DPC Partai Gerindra Gunungkidul. Menurut dia, pergantian sesuai dengan surat keputusan dari DPP.

Dengan adanya SK terbaru maka secara resmi ada perubahan struktur dalam pengurusan. Meski demikian, untuk pelantikan pengurus baru belum bisa menentukan karena adanya pandemi Corona. “Idealnya ada pelantikan pengurus yang baru. Tetapi kami belum bisa pastikan kapan pelantikan dilaksanakan. Yang jelas, secara resmi sudah ada pergantian,” katanya.

Saat dikonfirmasi terkait dengan pergantian pengurus, Ngadiyono berkeras masih sebagai Ketua DPC Gerindra yang resmi. Hal ini terlihat dalam pesan singkat yang dikirimkan ke awak media. Menurut dia, tidak ada pergantian dan pengurusan lama masih tetap berlaku. “Biarkan saja karena DPP tidak pernah mengeluarkan surat keputusan pergantian pengurus,” katanya, Senin.

Meski demikian, saat coba dikonfirmasi lebih lanjut terkait dengan isu pergantian itu, Ngadiyono belum bisa menjelaskan. Dia mengaku masih mengikuti rapat di DPD Gerindra DIY. “Saya sedang rapat,” katanya.