Terjebak di DIY, WNA India Positif Covid-19 Bertambah Jadi 4 Orang

Foto ilustrasi. - Ist/Freepik
26 April 2020 21:07 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Jumlah kasus positif Covid-19 di DIY terus bertambah. Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY mencatat ada penambahan tiga kasus positif per Minggu (26/4/2020). Penambahan tiga pasien itu berasal dari Warga Negara Asing (WNA) India.

Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan Covid-19 DIY Berty Murtiningsih menjelaskan ada penambahan tiga kasus positif Covid-19 DIY per Minggu (26/4/2020). Sehingga total positif Covid-19 saat ini menjadi 82 kasus.

“Ada tambahan tiga kasus, semuanya WNA asal India, tercatat sebagai Kasus 82 laki-laki usia 46 tahun. Kasus 83 laki-laki usia 36 tahun dan Kasus 84 laki-laki usia 31 tahun,” katanya Minggu (26/4/2020).

Sebelumnya pada Sabtu (25/4/2020) juga diumumkan adanya seorang WNA India yang dinyatakan positif dan tercatat sebagai Kasus 81 dengan jenis kelamin laki-laki usia 48 tahun. Sehingga saat ini ada empat WNA India yang terjebak di DIY dinyatakan positif. Empat orang ini merupakan kelompok jemaah tabligh yang berpindah dari satu tempat ke tempat lain di wilayah Sleman.

Berty menambahkan proses screening ini sebelumnya dilakukan melalui rapid diagnostic test (RDT) pada kelompok WNA India tersebut. Kemudian ada yang hasilnya sembilan orang positif dari RDT. Dari sembilan itu kemudian dilakukan tes PCR, hasilnya terdeteksi lima negatif dan empat orang di antaranya positif. “Kondisi kesehatan baik, hampir tidak ada gejala kecuali seperti sakit flu,” ucapnya.

Ia mengatakan saat ini sembilan WNA India tersebut semua masih berada di salah satu RS di DIY. Termasuk lima yang dinyatakan negatif juga masih berada di RS. “Hasilnya baru keluar hari ini [Minggu], jadi baru diketahui hari ini [Minggu], maka sedang dikoordinasikan yang negatif ini akan diarahkan kemana,” ujarnya.

Untuk sementara WNA India tersebut masuk di data positif Covid-19 DIY karena ditemukan di wilayah DIY. “Iya [Masuk di data positif DIY] Hanya masuknya luar wilayah, karena kami temukan di DIY, dan juga kita harus lakukan tracing kontaknya,” ujarnya.

Secara umum jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) seluruh DIY ada 778 orang, sebanyak 135 di antaranya masih dalam perawatan. Pasien yang dinyatakan negatif berjumlah 539 orang dan proses menunggu laboratorium 157 orang di mana delapan di antaranya sudah meninggal dunia. “Jumlah ODP total 4.193 orang,” katanya.