Nekat Masuk DIY, Belasan Kendaraan Luar Daerah Diminta Putar Balik

Kendaraan berplat nomor luar DIY diperiksa oleh petugas posko terpadu pemantauan COVID-19 DIY di Jalan Nasional Jogja-Purworejo Km. 41, Kapanewon Temon, Kulonprogo, atau tepatnya depan Masjid Nurul Huda, Sabtu (25/4/2020).-Harian Jogja - Jalu Rahman Dewantara
27 April 2020 20:57 WIB Sunartono Sleman Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Perhubungan DIY mencatat ada belasan kendaraan yang diminta putar balik ketika melewati tiga jalur pintu masuk DIY. Kendaraan itu ditengarai membawa pemudik dari luar DIY.

Kepala Dinas Perhubungan DIY Tavip Agus Rayanto menjelaskan sudah banyak kendaraan yang lewat pintu masuk DIY diminta putar balik guna mencegah penyebaran Covid-19. Akan tetapi prosedur putar balik itu tidak menggunakan identitas berbasis pelat nopol kendaraan.

Tetapi petugas di lapangan melakukan tracing dengan meminta identitas serta melakukan wawancara singkat secara persuasif untuk asal dan tujuan perjalanannya.

“Kalau ada indikasi dia berasal dari zona merah, sesuai KTP dan asal perjalanan ya kami minta balik. Kemarin ada kasus [lewat jalur Temon] dia alasannya mau jemput anaknya di Jogja untuk dibawa pulang, akhirnya kami minta menunggu di Temon, anaknya yang kami minta datang ke Temon untuk dibawa pulang. Karena dia tidak bisa menunjukkan termasuk tujuannya mau ke mana,” ungkapnya di Kepatihan, Senin (27/4/2020).