Advertisement

RSUD Wonosari Siapkan Ruang Khusus untuk Ibu Hamil

David Kurniawan
Selasa, 28 April 2020 - 21:12 WIB
Yudhi Kusdiyanto
RSUD Wonosari Siapkan Ruang Khusus untuk Ibu Hamil Ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Manajemen RSUD Wonosari menyiapkan satu ruangan khusus untuk persalinan bagi ibu hamil yang masuk kategori orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP) serta pasien positif Covid-19. Ruangan khusus disediakan untuk meminimalkan adanya penularan yang lebih luas.

Direktur RSUD Wonosari, Heru Sulistyowati, mengatakan hingga saat ini belum ada ibu hamil yang masuk kategori ODP, PDP maupun positif. Meski demikian, upaya antisipasi harus dilakukan sehingga saat muncul kasus jajarannya langsung bisa memberikan pelayanan. “Ruangan khusus itu sudah kami siapkan dan sewaktu-waktu bisa digunakan,” kata Heru, Selasa (28/4/2020).

Advertisement

Menurut dia, ruangan bersalin khusus ini memiliki standar pelayanan Covid-19, di mana hanya petugas medis dan pasien yang bisa masuk. Selain itu, akses ke ruangan juga melalui pemeriksaan yang ketat. “Tim medis pastinya menggunakan alat perlindungan diri [APD]. Sebelum keluar masuk mereka harus melalui ruangan sterilisasi,” katanya.

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi RSUD Wonosari, Sumartana, menyatakan upaya pencegahan penyebaran Corona terus dilakukan, salah satunya dengan rappid test bagi petugas medis maupun paramedis. Total hingga Selasa ada 59 petugas medis dan paramedis yang menjalani tes, dan hasilnya semuanya negatif. “Manajemen RSUD Wonosari melakukan antisipasi di internal, salah satunya dengan melakukan tes cepat,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement