RSUD Wonosari Siapkan Ruang Khusus untuk Ibu Hamil

Ilustrasi. - Ist/Freepik
28 April 2020 21:12 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Manajemen RSUD Wonosari menyiapkan satu ruangan khusus untuk persalinan bagi ibu hamil yang masuk kategori orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP) serta pasien positif Covid-19. Ruangan khusus disediakan untuk meminimalkan adanya penularan yang lebih luas.

Direktur RSUD Wonosari, Heru Sulistyowati, mengatakan hingga saat ini belum ada ibu hamil yang masuk kategori ODP, PDP maupun positif. Meski demikian, upaya antisipasi harus dilakukan sehingga saat muncul kasus jajarannya langsung bisa memberikan pelayanan. “Ruangan khusus itu sudah kami siapkan dan sewaktu-waktu bisa digunakan,” kata Heru, Selasa (28/4/2020).

Menurut dia, ruangan bersalin khusus ini memiliki standar pelayanan Covid-19, di mana hanya petugas medis dan pasien yang bisa masuk. Selain itu, akses ke ruangan juga melalui pemeriksaan yang ketat. “Tim medis pastinya menggunakan alat perlindungan diri [APD]. Sebelum keluar masuk mereka harus melalui ruangan sterilisasi,” katanya.

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi RSUD Wonosari, Sumartana, menyatakan upaya pencegahan penyebaran Corona terus dilakukan, salah satunya dengan rappid test bagi petugas medis maupun paramedis. Total hingga Selasa ada 59 petugas medis dan paramedis yang menjalani tes, dan hasilnya semuanya negatif. “Manajemen RSUD Wonosari melakukan antisipasi di internal, salah satunya dengan melakukan tes cepat,” katanya.