Advertisement

Protokol Pencegahan Corona di Swalayan Diperketat

Muhammad Nadhir Attamimi
Senin, 11 Mei 2020 - 20:12 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Protokol Pencegahan Corona di Swalayan Diperketat Ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pemkab Gunungkidul tidak ingin kecolongan seperti kasus penyebaran Coronavirus Disease-19 (Covid-19) di Indogrosir, Sleman. Melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Pemkab terus memperketat protokol pencegahan Corona di sejumlah toko modern yang ada di Bumi Handayani.

Kepala Disperindag Gunungkidul, Johan Eko Sudarto, mengungkapkan jajarannya sudah menyurati seluruh pengelola swalayan dan toko modern yang tersebar di Gunungkidul untuk menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di masing-masing tempat. Dia meminta aturan yang tertuang dalam surat tersebut bisa diterapkan sehingga ada kepatuhan bagi pengunjung dan pengelola. ”Kami perlu mendorong kepatuhan dan kedisiplinan para pengelola dan pengunjung swalayan untuk mentaati protokol kesehatan," kata Johan kepada Harian Jogja, Senin (11/5/2020).

Advertisement

Berbagai aturan yang sudah ditetapkan di antaranya penggunaan masker saat melakukan aktivitas di dalam swalayan, penyediaan tempat cuci tangan, pengaturan pengunjung dan jaga jarak saat antrean di kasir. Disperindag juga mengimbau kepada pengelola untuk menyediakan alat pengukur suhu tubuh.

Johan menuturkan pengaturan jumlah kunjungan hingga kapasitas pun sudah disampaikan kepada para pengelola. "Jumlah batasan tergantung dari pengelola karena yang mengetahui kapasitas swalayan adalah mereka sendiri," katanya.

Hingga saat ini Johan mengakui Disperindag belum menemukan adanya swalayan atau toko modern yang melanggar protokol pencegahan Covid-19. Menurut dia, rata-rata para pengelola sudah sadar pentingnya meningkatkan pencegahan dengan menaati aturan yang telah ditetapkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement