Ratusan Pengunjung Indogrosir Ikuti Rapid Test di Gor Pangukan, Begini Prosesnya

Suasana rapid test bagi pengunjung Indogrosir yang digelar di Gor Pangukan, Sleman, Selasa (12/5/2020). - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi
12 Mei 2020 13:17 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Sekitar 500 orang pengunjung Indogrosir mengikuti rapid diagnostic test (RDT) di Gor Pangukan, Sleman, Selasa (12/6/2020). Proses pelaksanaan RDT berjalan ketat sesuai protokol pelaksanaan Covid-19.

Dari pantauan Harianjogja.com, pengunjung yang sudah mendaftar dan mendapatkan nomor antrean untuk di-rapid test sudah mengantre sesuai tempat duduk yang disediakan. Masing-masing pengunjung datang sesuai jadwal yang sudah ditetapkan oleh Pemkab.

Satu persatu mereka mengikuti tahapan proses pelaksanaan RDT dengan dipandu petugas. Mulai dari verifikasi dan validasi identitas dan struk tanggal pembelian hingga proses pengambilan darah untuk uji tes cepat. Pemkab Sleman menerjunkan puluhan personel baik dari tenaga medis, kepolisian, anggota TNI hingga sukarelawan PMI untuk melaksanakan RDT massal ini.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman Joko Hastaryo mengatakan sesuai data pendaftar total jumlah pengunjung yang mengikuti RDT sebanyak 1.422 orang. Tes tersebut dibagi menjadi tiga hari, mulai Selasa hingga Kamis (14/5/2020) mendatang.

Mereka yang datang, kata Joko, wajib memenuhi syarat seperti ber-KTP Sleman dan mengantongi bukti struk belanja pada tanggal yang ditentukan. "Satu hari targetnya 500 orang. Dinkes menyediakan 10 tim medis untuk melayani mereka," katanya di sela-sela kegiatan.