Ikut Tes Massal, 30 Warga Gunungkidul Reaktif Rapid Test

Foto ilustrasi. - ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
14 Mei 2020 17:07 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Rapid tes massal terus dilakukan oleh tim medis dari Pemkab Gunungkidul. Hasil dari tes cepat ini sudah didapatkan 30 warga yang reaktif alias diduga terinfeksi Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan, hingga Kamis (14/5/2020) siang sudah melakukan pengetesan terhadap lebih dari 400 orang. Tes ini dilakukan melalui berbagai penelusuran mulai dari kluster Indogrosir, Jamaah Tabligh hingga pasien positif lain di Gunungkidul.

Menurut dia, rapid tes akan terus dilakukan karena ditargetkan menyasar ke 2.000 warga. Total hingga saat ini sudah ada 30 warga yang dinyatakan reaktif Covid-19. Sebagian besar masih diminta melakukan isolasi secara mandiri. Sedangkan hingga sekarang di RSUD Saptosari sedang merawat warga karantina sebanyak enam orang. “Berhubung lokasi karantina masih terbatas, maka ada yang diminta melakukan isolasi secara mandiri,” katanya.

Dewi menuturkan, data warga yang reaktif masih bersifat sementara. Hal ini dikarenakan potensi bertambah masih sangat mungkin seiring pelaksanaan tes yang dilakukan oleh tim. “Data terus bergerak, jadi bisa berubah sewaktu-waktu. Yang jelas, kami berkomitmen untuk melakukan perawatan dan pencegahan terhadap penularan corona,” ungkapnya.