Hasil Rapid Test 7 PNS Sleman Pengunjung Indogrosir Reaktif

Suasana rapid test bagi pengunjung Indogrosir yang digelar di Gor Pangukan, Sleman, Selasa (12/5/2020). - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi
16 Mei 2020 17:37 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Satgas Covid-19 Sleman sudah melakukan rapid test bagi ratusan ASN atau PNS yang berbelanja di Indogrosir pada periode 19 April hingga 4 Mei. Hasilnya, sebanyak tujuh orang ASN dinyatakan reaktif.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Sleman Shavitri Nurmala Dewi mengatakan berdasarkan hasil RDT massal yang dilakukan Satgas Covid-19 Sleman, Sabtu (16/5/2020) dari 250 kuota pelaksanaan RDT hanya 128 ASN yang mengikuti. Satgas Covid mencatat terdapat 179 ASN yang terdata berbelanja ke Indogrosir selama periode 19 April-4 Mei.

Selebihnya, kata Evie, yakni 51 ASN sudah melakukan test mandiri maupun test di Puskesmas. "Dari 128 ASN yang mengikuti RDT hari ini sebanyak tujuh orang ASN yang reaktif," katanya, Sabtu (16/5/2020).

Sebelumnya, Kepala Dinkes Sleman Joko Hastaryo mengatakan pelaksanaan RDT massal bagi PNS tersebut dilakukan setelah sebagian PNS juga tercatat sebagai pengunjung Supermarket Indogrosir. "Iya betul, tapi jumlahnya tidak sampai 250 orang. Yang terdata di BKPP Sleman hanya 121 orang," kata Joko.

Berdasarkan informasi yang diterima Harianjogja.com, PNS yang berkunjung ke Indogrosir berasal dari beragam instansi. Selain untuk berbelanja kebutuah rumah tangga, mereka juga berbelanja untuk kebutahan koperasi atau terkait penyediaan bantuan sembako bagi warga terdampak Covid-19.

Menurut Joko, sebagian besar PNS ini sudah melakukan karantina mandiri sehingga tidak mengganggu kinerja pemerintah. "Iya betul, mereka melakukan karantina mandiri tapi rata-rata sudah berakhir karantina mandirinya karena sudah 14 hari," kata Joko.