Tambah 1 Kasus Covid-19 di Gunungkidul, Klaster Pedagang Ikan Masuk Generasi Ketiga

Ilustrasi - Freepik
09 Juni 2020 15:27 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Kesehatan Gunungkidul mencatat satu tambahan pasien positif Covid-19 yang berasal dari klaster pedagang ikan warga Desa Bejiharjo, Karangmojo.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty, mengatakan pasien ini berjenis kelamin perempuan, berawal dari Desa Piyaman, Wonosari. Menurut dia, pasien tertular karena kontak dengan pasien positif di Desa Bejiharjo. “Masih satu klaster dengan pedagang ikan. Kalau dikaji, penularan ini sudah masuk ke generasi ketiga,” kata Dewi, Selasa (9/6/2020).

“Akan kami lacak agar penularan tidak terus bertambah,” katanya.

Dewi mengatakan ada ratusan warga yang kontak dengan pasien positif Covid-19 dari klaster pedagang ikan. Rapid test juga sudah dilaksanakan dan untuk sementara ada 12 warga yang dinyatakan reaktif. “Warga yang negatif rapid test rencananya dites sekali lagi guna memasikan ada potensi penularan atau tidak,” katanya.

Saat ini, pasien positif Covid-19 di Gunungkidul berjumlah 44. Hingga sekarang masih ada tujuh pasien yang diopname di rumah sakit dan satu pasien dinyatakan meninggal dunia. “Sementara 36 orang sudah dinyatakan sembuh dari penyakit Covid-19,” kata Dewi.