Klaster Bakul Ikan Positif Corona dari Gunungkidul Bertambah 4 Kasus

Foto ilustrasi. - Ist/Freepik
14 Juni 2020 16:37 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUUNGKIDUL– Tim Gugus Tugas Covid-19 Gunungkidul mengumumkan empat kasus baru sehingga total berjumlah 48 warga yang positif corona. Penularan ini masuk dalam kluster pedagang ikan asal Desa Bejiharjo, Karangmojo.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan, tambahan empat kasus positif semuanya berasal dari Kecamatan Karangmojo. Kasus ini merupakan penularan dari pedagang ikan. “Semuanya laki-laki,” kata Dewi, Minggu (14/6/2020).

Adanya temuan ini, tim kesehatan terus akan melakukan penelusuran agar kasus tidak terus bertambah. Meski demikian, ia belum memastikan penularan itu masuk generasi ke berapa dari pedagang ikan. “Sudah masuk generasi ketiga penularannya. Tapi untuk yang empat pasien positif baru, belum dipastikan apakah masuk generasi kedua, ketiga atau malah generasi berikutnya karena kepastian harus dilakukan analisa,” katanya.

Selain mengumumkan tambahan empat kasus positif, gugus tugas juga mengumumkan satu pasien asal Karangmojo dinyatakan sembuh. Total dari 48 kasus, 37 pasien dinyatakan sembuh, sepuluh orang menjalani perawatan di rumah sakit dan satu pasien dinyatakan meninggal dunia.