Advertisement

Angka Positivity Rate Corona Masih Tinggi, DIY Belum Layak Tempuh New Normal

Lugas Subarkah
Senin, 15 Juni 2020 - 19:57 WIB
Bhekti Suryani
Angka Positivity Rate Corona Masih Tinggi, DIY Belum Layak Tempuh New Normal Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Angka positivity rate Corona (rasio antara jumlah orang yang mendapat hasil positif lewat tes Corona dengan total jumlah tes) di DIY masih di angka 8,1% pada 25 Mei hingga 7 Juni. Padahal, syarat untuk memulai new normal salah satunya adalah positivity rate di bawah 5%.

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY akan melakukan tracing untuk menekan angka ini.

Advertisement

Ketua Sekretariat Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Kadarmanta Baskara Aji, menjelaskan pihaknya akan terus mentracing sejumlah klaster di DIY. "Kami perluas tes yang dilakikan baik rapid maupun swab. Dari hasil tes kami bisa lakukan tracing," katanya.

Kendati demikian, ia melihat penularan Covid-19 di DIY kebanyakan adalah kasus impor, seperti klaster pemasok ikan dan klaster Polda. "Untuk yang di DIY sendiri kami antisipasi dengan rapid tes masal ke mana-mana, dengan sampel-sampel," ujarnya.

Kapasitas laboratorium dalam menguji sampel kata dia, sebenarnya tidak masalah. Namun, ia mengakui petugas swab memang terbatas.

Pihaknya sampai saat ini belum merencanakan swab masal. "Kami masih lakukan rapid dulu, jika reaktif baru diswab," ungkapnya.

Untuk pelaksanaan new normal, meski telah memasuki pertengahan Juni, ia masih akan melihat perkembangan kondisi baik kasus positif maupun perilaku masyarakat sampai setengah bulan ke depan untuk memutuskan kapan pelaksanaan new normal.

"Dilihat dulu seperti apa setengah bulan ke depan. Tapi yang paling penting adalah masyarakat harus disiplin menerapkan protokol kesehatan. Kalau tidak ya tidak mungkin kita lepas [new normal] pada Juli," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement