Pilkada 2020: Golkar Gunungkidul Lirik Cawabup Baru

Ilustrasi. - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi
07 Juli 2020 11:27 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, WONOSARI – DPD Golkar Gunungkidul sempat melirik Martanti Soenar Dewi sebagai bakal calon wakil bupati dalam pilkada tahun ini. Meski demikian, niatan tersebut menghilang sehingga mulai melirik kandidat baru.

Sekretaris DPD Golkar Gunungkidul, Heri Nugroho mengatakan, Martanti sempat menjadi kandidat bakal cawabup dari Golkar. Selain merupakan warga asli Gunungkidul kelahiran Kapanewon Ponjong, pertimbangan lain karena Martanti tercatat sebagai kader Golkar yang aktif di pengurusan DPD Jawa Timur.

BACA JUGA : Fokus Pilkada, Anton Mundur dari DPRD Gunungkidul

Hanya saja, sambung Heri, niatan tersebut memudar karena kiprah Martanti hingga saat ini belum terlihat. Menurut dia, selama pandemi corona seharusnya dijadikan modal mengenalkan diri ke masyarakat, tapi faktanya tak juga digunakan untuk turun ke masyarakat.

“Komunikasi kami juga kurang lancar, sehingga diputuskan mencari figur baru untuk cawabup,” kata Heri kepada Harianjogja.com, Senin (6/7/2020).

Dia mengatakan, untuk kandidat baru sudah berkomunikasi dengan dua tokoh. Hanya saja, Heri enggan membeberkan kedua tokoh yang sedang didekati untuk jadi bakal cawabup dari Partai Golkar. “Ada dua yang kami dekat,” katanya.

Disinggung mengenai bakal calon bupati, Heri mengatakan sudah mantab untuk mengusung Mayor Sunaryanto sebagai calon. “Cabup tetap Mayor, tapi sekarang kami sedang mencari pendampingnya,” kata Wakil Ketua DPRD Gunungkidul ini.

BACA JUGA : Nasdem Bantah Tuduhan Tak Demokratis dalam Pilkada

Sebelumnya, Ketua DPC Demokrat Gunungkidul, Supriyani Astuti mengatakan, partainya sudah mantap mendukung Rektor UNY, Sutrisna Wibawa berpasangan dengan Ahmad Ardi Widanto sebagai pasangan dalam pilkada. Bukti dukungan ini sudah dituangkan dalam surat rekomendasi yang ditandantangani oleh Ketua Umum Partai Demokrat. “Rekomendasinya sudah kami ambil di akhir Juni lalu,” katanya.

Menurut Yani, sapaan akrabnya, partainya hanya memiliki tiga wakil yang duduk di kursi DPRD Gunungkidul. Meski demikian, untuk pencalonan sudah sepakat menjalin koalisi dengan partai lain seperti PKS, PAN dan Gerindra. “Kami sepakat untuk mengusung calon bersama,” katanya.