Advertisement

Anak 3,5 Tahun dan Tenaga Kesehatan di Kulonprogo Terinfeksi Corona

Jalu Rahman Dewantara
Selasa, 07 Juli 2020 - 18:17 WIB
Bhekti Suryani
Anak 3,5 Tahun dan Tenaga Kesehatan di Kulonprogo Terinfeksi Corona Ilustrasi. - REUTERS/Susana Vera

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kulonprogo mengumumkan penambahan dua kasus positif baru di Kulonprogo, sehingga saat ini totalnya menjadi 18 orang. Dua kasus positif baru itu merupakan seorang anak dan tenaga kesehatan.

"Kami menerima laporan penambahan dua kasus positif baru yaitu, anak-anak berusia 3,5 tahun dengan penomoran KP-17 dan tenaga kesehatan penomoran KP-18," kata Juru Bicara Penanggulangan Covid-19 Kulonprogo, Baning Rahayu Jati kepada awak media, Selasa (7/7/2020) sore.

Advertisement

KP-17 terkonfirmasi positif corona seusai menjalani tes swab, Senin (6/7/2020). Sebelumnya pasien berjenis kelamin laki-laki ini menunjukkan hasil reaktif rapid test. KP-17 melakukan rapid test karena berdasarkan hasil tracing pernah kontak dengan KP-16, laki-laki berusia 36 tahun asal Kapanewon Pengasih, yang tak lain merupakan ayah dari pasien tersebut.

BACA JUGA: Positif Covid-19 di DIY Bertambah 7, Total Sudah 346 Kasus

Adapun untuk KP-18, merupakan seorang perempuan, 30, asal Kapanewon Lendah. Pasien ini bekerja sebaga tenaga kesehatan di salah satu rumah sakit swasta di Bantul. Terkait penyebab KP-18 terjangkit corona, Gugus Tugas setempat masih mempelajarinya. Salah satu yang jadi bahan pemeriksaan yakni pasien ini diketahui pernah kontak erat dengan sang suami yang bekerja di Sukoharjo, Solo. "Saat ini sedang dilakukan tracing darimana pasien ini [KP-18] tertular Covid-19," ujar Baning.

Dikatakan Baning, kondisi dua pasien itu stabil dan masuk kategori Orang Tanpa Gejala (OTG). Untuk KP-17 menjalani isolasi di RSUD Wates sedangkan KP-18 di salah satu rumah sakit di Bantul.

Berdasarkan hasil tracing sementara, kontak erat baik itu dari kasus KP-17 maupun KP-18 sebanyak enam orang. Sehingga totalnya ada 12 orang. Ke 12 orang itu telah diminta melakukan karantina mandiri di rumahnya masing-masing. Proses tracing ini masih akan dilanjutkan pada Rabu (8/7) mendatang.

Dengan adanya dua kasus baru, maka total kasus positif Covid-19 di Kulonprogo saat ini sebanyak 18 orang yang 13 di antaranya telah sembuh dan sudah diperbolehkan pulang dari perawatan di rumah sakit. Sementara sisanya yang masih menjalani perawatan, yakni KP-14, KP-13, KP-16, KP-17 dan KP-18.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mensesneg Diminta Segera Merampungkan Dokumen Keppres IKN Sebelum Pelantikan Prabowo-Gibran

News
| Senin, 22 Juli 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement