Advertisement

Penyelenggaran Event di Kota Jogja Masih Menunggu Verifikasi dari Dinas Pariwisata

Catur Dwi Janati
Jum'at, 17 Juli 2020 - 10:17 WIB
Sunartono
Penyelenggaran Event di Kota Jogja Masih Menunggu Verifikasi dari Dinas Pariwisata Ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Sejumlah penyelenggara event dan hiburan turut mengajukan verifikasi kepada Dinas Pariwisata Kota Jogja untuk bisa melakukan pembukaan di tengah pandemi. Pengajuan tersebut menyusul setelah beberapa destinasi pariwisata telah terverifikasi sebelumnya.

Kepala Bidang Atraksi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dinas Pariwisata Kota Jogja Edi Sugiarto menyebutkan ada lima tempat rekreasi dan hiburan yang mengajukan verifikasi. "Sampai saat ini belum kita lakukan verifikasi, karena proses penentuan tim baru dalam pembahasan,  baru proses klasifikasi yang mengajukan setelah tim terbentuk kita lakukan verifikasi," jelas dihubungi pada Kamis (16/7/2020).

Advertisement

BACA JUGA : Sempat Tutup karena Pandemi, Sejumlah Mall di Jogja

Adapun lima tempat yang mengajukan verifikasi bervariasi. Mulai dari tempat billiard, wahana permainan anak, museum, hingga kegiatan pameran karya seni. "Mereka baru mengajukan, kami belum menverifikasi, jadi kami belum bisa memberikan hasilnya verifikasi atau rekomendasi yang pasti," jelasnya.

Menanggapi adanya permintaan event dari menyangkut pelaksanaan karya seni, Edi masih belum dapat bisa menentukan karena belum diverifikasi. "Seandainya bisa dilaksanakan harus berpedoman pada protokol kesehatan untuk event pameran, pengunjung dibatasi persesinya," terangnya.

"Karena kami juga harus konsultasi dengan Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid - 19 Kota Jogja, ini baru berbicara dari siapa saja yang mengajukan," jelasnya.

BACA JUGA : Hotel & Restoran di Jogja Mulai Simulasi Pembukaan

Kepala Dinas Pariwisata Kota Jogja, Maryustion tidak menampik bahwa sejumlah tempat rekreasi dan hiburan telah mengajukan verifikasi. Namun pihaknya menerangkan bahwa saat ini masih sedang tahap verifikasi implementasi tatanan baru. "Ya itu kan masuk bidang usaha pariwisata, itu nantinya juga kita lakukan verifikasi, intinya dengan pola self assessment," terangnya.

Ia menerangkan bahwa dalam penilaian mandiri penegakan Covid-19 telah ada check list poin-poin yang baru dipenuhi. "Nanti mereka [pelaku usaha pariwisata] melakukan sendiri, kemudian kami akan melakukan verifikasi di lapangan, apalah benar yang diajukan dalam asesmen," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement