Sudah Kantongi Banyak Dukungan, Sutrisna Wibawa & Mahmud Masih Buka Tambahan Koalisi

Ketua DPD PKS Gunungkidul Ari Siswanto saat menyerahkan rekomendasi kepada bakal calon wakil bupati Mahmud Ardi Widanto, akhir pekan lalu. - Harian Jogja/David Kurniawan
20 Juli 2020 14:57 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Gunungkidul, Sutrisna Wibawa-Mahmud Ardi Widanto, mengklaim sudah mengantongi dukungan dari empat partai politik. Meski demikian, duet ini masih membuka peluang koalisi dengan partai lain.

Bakal calon wakil bupati Mahmud Ardi Widanton mengatakan sudah mengantongi dukungan dari PAN, Demokrat, PKS dan Gerinda. Hingga saat ini sudah ada tiga rekomendasi dan tinggal menunggu rekomendasi resmi dari Gerindra. “Kami tinggal tunggu dan rekomendasi sudah ada [dari Gerindra], tetapi pengumuman akan dilakukan pada momen yang tepat,” kata Ardi, sapaan akrabnya, kemarin.

Menurut dia, empat partai itu memiliki 17 kursi di DPRD Gunungkidul. Jumlah itu melebihi ambang batas untuk bisa maju dalam pilkada karena syarat minimalnya hanya sembilan kursi perwakilan di DPRD.

Meski demikian, dia masih membuka peluang koalisi dengan partai lain karena hingga sekarang masih ada tiga partai yang belum menentukan sikap secara resmi. “Golkar, PKB dan Nasdem belum muncul rekomendasi. Jadi, kami masih terbuka dan kalau mau bergabung akan diterima,” katanya.

Hal tak jauh berbeda diungkapkan oleh Ketua DPD PKS Gunungkidul, Ari Siswanto. “Untuk empat partai [PKS, PAN, Demokrat dan Gerindra] sudah pasti dan kemungkinan berubah hampir tidak mungkin. Apalagi kami tinggal menunggu rekomendasi resmi dari Gerindra sehingga duet Pak Rektor [Sutrisna-Ardi] tetap bisa maju,” katanya.

Menurut Ari, PKS sudah berkomitmen penuh pemenangan duet Sutrisna-Ardi. Selain telah melakukan koordinasi internal, partau juga sudah membentuk sukarelawan yang jumlahnya mencapai 3.500 orang. Jumlah ini masih bisa bertambah karena konsolidasi pemenangan terus dilaksanakan. “Kalau di PKS dalam pemilu dapat 38.000 suara. Dukungan ini akan kami pertahankan sebagai modal awal untuk pemenangan,” katanya.

Ari mengatakan tim PKS juga sudah melakukan gerakan turun ke bawah lebih di 100 lokasi di Gunungkidul guna memperkenalkan ke masyarakat pasangan Sutrisna-Ardi.