Advertisement

Warga Sleman Tak Masuk Daftar Pemilih Pilkada, Begini Solusinya

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 25 Juli 2020 - 16:47 WIB
Bhekti Suryani
Warga Sleman Tak Masuk Daftar Pemilih Pilkada, Begini Solusinya Pencermatan data pemilih. - Solopos/Burhan Aris Nugraha

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Selama masa pencocokan dan penelitian (Coklit), masyarakat bisa melapor jika namanya tidak masuk dalam daftar pemilih. Laporan bisa disampaikan kepada petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) atau petugas pemungutan suara (PPS).

Ketua KPU Sleman Trapsi Haryadi mengatakan sejak 15 Juli lalu petugas PPDP melakukan proses pencoklitan data pemilih pada Pilkada Sleman. Proses pencoklitan tersebut dijadwalkan berakhir pada 13 Agustus mendatang. "Nah bagi warga yang belum masuk dalam daftar pemilih, hendaknya menyampaikan ke PPDP (petugas pemutakhiran data pemilih) dan dimasukkan ke dalam pemilih baru," katanya, Sabtu (25/7/2020).

Advertisement

Selain melaporkan ke PPDP, warga yang belum masuk ke daftar pemilih bisa melaporkan diri ke PPS di kantor desa seluruh Kabupaten Sleman. "Jadi kami berharap masyarakat bisa mengecek apakah sudah terdaftar sebagai atau belum (sebagai pemilih)," katanya.

Politikus Gerindra Ini Desak Pemerintah Perhatikan Pelaku UMKM Terdampak Pandemi

Menurut Trapsi, tahapan pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih merupakan salah satu tahapan yang sangat krusial dan strategis bagi terselenggaranya Pilkada. Pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih, lanjutnya, menentukan bagi tahapan pemilihan selanjutnya, mulai dari penentuan jumlah TPS, alokasi logistik, pola sosialisasi Pemilihan, rekapitulasi hasil suara, dan lain sebagainya.

"Jika hasil pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih bermasalah atau tidak valid, dapat dipastikan tahapan selanjutnya juga akan sangat terganggu," ujar Trapsi.

Dia meminta masyarakat tidak perlu khawatir saat petugas PPDP datang. PPDP dalam melaksanakan tugasnya, lanjut Trapsi, dibekali Alat Pelindung Diri (APD) dan menerapkan protokol kesehatan. Petugas saat proses pencoklitan berlangsung tidak masuk ke dalam rumah, tetapi tetap berada di dalam rumah. "Kami juga telah melakukan rapid test kepada mereka untuk pencegahan penyebaran Covid-19," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement