Advertisement

Klaster Nakes Terus Bertambah, Pasien Positif Corona di Gunungkidul Tembus 102 Kasus

David Kurniawan
Selasa, 28 Juli 2020 - 17:17 WIB
Bhekti Suryani
Klaster Nakes Terus Bertambah, Pasien Positif Corona di Gunungkidul Tembus 102 Kasus Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Jumlah pasien positif Covid-19 di Gunungkidul bertambah enam kasus pada Selasa (28/7/2020). Adanya tambahan ini maka total kasus hingga sekarang mencapai 102 warga yang terinfeksi virus Corona.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan, ada tambahan enam kasus pasien positif Corona. Adapun rinciannya, empat kasus berasal dari tenaga kesehatan, sedangkan dua lainnya merupakan hasil penelusuran kontak pasien positif di Kapanewon Wonosari. “Dengan tambahan ini maka kasus positif menjadi 102 orang,” kata Dewi, kemarin.

Advertisement

Dia menjelaskan, dari jumlah tersebut, 19 di antaranya merupakan tenaga kesehatan. Adapun empat kasus terbaru ditemukan berdasarkan skrining masal yang dilakukan, salah satunya menyasar di fasilitas kesehatan.

BACA JUGA: 5 Langkah Bikin Konten Media Sosial Biar Unik dan Viral

Dewi tidak menampik, tenaga kesehatan merupakan salah satu pekerjaan yang rawan tertulang virus corona. Untuk antisipasi, selain tes swab massal, juga dilakukan dengan penyediaan alat perlindungan diri. Selain itu, juga dilakukan proses disinfeksi di lokasi layanan rutin dua kali setiap harinya, pada saat sebelum dan sesudah layanan ke masyarakat.

“Untuk tenaga kesehatan kami juga terus mengimbau agar disiplin menjalankan protokol kesehatan. Sebab, penularan tidak hanya berasal dari lingkup kerja, tapi di lingkungan keluarga juga berpotensi bisa tertular,” katanya.

Ditambahkan dia, dari total 102 kasus, 61 pasien sudah dinyatakan sembuh, 39 kasus masih menjalani perawatan di rumah sakit. Sedangkan dua pasien lainya meninggal dunia. “Untuk pencegahan kami terus lakukan penelusuran meskipun terkadang sulit mencari sumber penularan awal,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement