Advertisement

Sultan Ingatkan Wisatawan di Pantai Selatan Lebih Berhati-hati

Lugas Subarkah
Jum'at, 07 Agustus 2020 - 15:37 WIB
Sunartono
Sultan Ingatkan Wisatawan di Pantai Selatan Lebih Berhati-hati Sejumlah personil Tim SAR melakukan pemantauan untuk mencari wisatawan yang hilang terseret ombak di Pantai Goa Cemara, Kamis (6/8/2020). - Harian Jogja - Jumali.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X mengingatkan wisatawan baik dari dalam maupun luar Jogja agar berhati-hati saat melakukan aktivitas di bibir pantai selatan. Pesan itu disampaikan menyusul adanya tujuh wisatawan yang terseret arus di Pantai Goa Cemara, Gubernur DIY, Kamis (6/8/2020).

“Saya mohon para wisatawan hati-hati karena hakekatnya tidak boleh mandi di pantai selatan,” ujar Sultan, Jumat (7/8/2020).

Advertisement

Larangan ini bukan tanpa dasar, melainkan karena kondisi palung pantai selatan berbeda dengan pantai utara atau tempat lainnya. Ia juga mengungkapkan keprihatinannya atas insiden tersebut.

BACA JUGA : 7 Wisatawan Terseret Ombak di Pantai Goa Cemara

“Kami pun prihatin dengan kejadian seperti ini,” katanya.

Kepada tim SAR, ia meminta agar lebih bisa mempersempit ruang berenang bagi wisatawan di pantai selatan. Selain itu tim SAR juga harus siaga di bibir pantai untuk bisa mengingatkan jika ada wisatawan yang dalam posisi bahaya.

Sekretaris Daerah DIY, Kadarmanta Baskara Aji, mengatakan  pihaknya telah menempatkan tim SAR untuk mengawasi sekaligus membantu mengingatkan orang kalau ada yang dalam posisi bahaya. “Tapi pantai bentangannya luas, bagi kita yang paling penting supaya para tamu selalu mengingat,” ujarnya.

Pihaknya juga meminta Pemkab untuk membuat papan peringatan lebih banyak agar masyarakat selalu teringat akan potensi bahaya. Peringatan kata dia, kalau perlu bisa dilakukan sejak wisatawan memasuki gerbang TPR.

BACA JUGA : 2 Korban Meninggal di Pantai Gua Cemara Adalah Guru 

“Kalau perlu saat masuk pintu gerbang di TPR sudah kita beri selebaran bahwa di pantai tidak boleh aktivitas di bibir pantai. Perilaku laut selatan beda  dari tempat lain. Kalau sudah surut orang ke tengah, padahal surutnya sementara. Bisa jauh surutnya, begitu datang banyak,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Ajukan Praperadilan, KPK: Silahkan, Itu Hak Tersangka

News
| Rabu, 24 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement