Advertisement

Zona Oranye, Bantul Belum Terapkan Pembelajaran Tatap Muka

Ujang Hasanudin
Minggu, 09 Agustus 2020 - 10:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Zona Oranye, Bantul Belum Terapkan Pembelajaran Tatap Muka Ilustrasi belajar online. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL - Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Bantul memastikan pembelajaran dengan tatap muka di Bantul belum bisa diterapkan saat ini. Sebab penularan Covid-19 di Bantul masih terjadi dan Bumi Projotamansari masuk kategori zona oranye.

Dengan demikian pembelajaran jarak jauh (PPJ) masih tetap dilaksanakan. "Kabupaten Bantul pada saat ini masih dalam zona oranye, jadi Kegiatan Belajar Mengajar tetap dengan pembelajaran jarak jauh dan siswa masih belajar dari rumah atau BDR," kata Kepala Disdikpora Bantul, Isdarmoko, saat dihuhungi Minggu (9/8/2020).

Advertisement

Isdarmoko, sebelumnya juga mengatakan bahwa pembelajaran jarak jauh ini semata-mata untuk menghindari penularan Coronavirus Disease atau Covid-19 dari sekolah. Meski pembelajaran jarak jauh, namun Disdikpora menyiapkan tiga metode dalam pembelajaran jarak jauh, yakni pembelajaran dengan metode daring murni dengan dukungan jaringan internet yang memadai.

Kedua, dengan metode kombinasi semi daring. Artinya siswa dan guru bisa memanfaatkan grup aplikasi percakapan untuk memberikan dan mengumpulkan tugas-tugas sekolah. Ketiga metode manual murni, yakni bagi sekolah-sekolah yang kesulitan mengakses jaringan internet sehingga tugas-tugas sekolah bisa dikirim ke rumah siswa atau siswa yang mengambil tugas di sekolah.

Baca Juga: Update Covid-19 Global: Kasus Positif Mencapai 19,79 Juta Orang, Sembuh 12,7 Juta

"Walaupun datang ke sekolah tetap harus menerapkan protokol kesehatan, tidak boleh berkerumun," kata isdarmoko. Pihaknya juga sudah mensosialisasikan metode pembelajatan jarak jauh tersebut kepada semua sekolah di Bantul.

Berdasarkan data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bantul yang diunggah di laman corona.bantul.go.id, hanya satu yang masuk kategori zona hijau, yakni Kecamatan Dlingo. Dan zona kuning hanya lima kecamayan, yakni Sedayu, Srandakan, Sanden, Jetis, dan Piyungan.

Baca Juga: Dul Jaelani Siapkan Album Dalam Bentuk Box Set, Ini Isinya

Yang lainnya masuk zona oranye, yakni Banguntapan, Sewon, Kasihan, Pleret, Imogiri, Pajangan, Pundong, Pandak, Kretek, dan Bambanglipuro, dan Kecamatan Bantul.

Sementara jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Bantul sampai 8 Agustus 2020 sebanyak 269 orang. Dari jumlah tersebut sembuh 206 orang, meninggal 6 orang, dan masih dalam perawatan di beberapa rumah sakit khusus Covid-19 sebanyak 57 orang. Sebagian besar kasus positif Covid di Bantul adalah Orang Tanpa Gejala atau OTG.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement