Advertisement

Jembatan Cinta di Mangir Lor Hanyut Terbawa Arus Sungai Progo

Ujang Hasanudin
Rabu, 12 Agustus 2020 - 18:57 WIB
Bhekti Suryani
Jembatan Cinta di Mangir Lor Hanyut Terbawa Arus Sungai Progo Ilustrasi Jembatan - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Jembatan sasak atau jembatan yang terbuat dari anyaman bambu di Dusun Mangir Lor, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Bantul, hilang terbawa arus Sungai Progo, Rabu (12/8/2020). Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun hilangnya jembatan yang tenar dengan nama jembatan cinta itu menghambat akses warga dusun setempat.

Kepala Dusun Mangir Lor, Lha Lha Setiawan mengatakan debit air sungai Progo meningkat sejak rabu pagi hingga menghanutkan jembatan sasak sekitar pukul 09.00 WIB. Beruntung saat kejadian tidak ada warga yang melintas sehingga kerugian hanya jematan dengan panjang sekitar 30 meter dan lebar 1,5 meter tersebut.

Advertisement

Menurut dia jembatan sasak itu memang sering hanyut saat terjadi peningkatan debit air sungai Progo terutama di musim hujan, namun kali ini hanyut di musim kemarau. “Jembatan itu sudah lama dibangun oleh warga dengan cara swadaya.” Rabu (12/8/2020). Ia belum mengetahui kapan akan membangun kembali jembatan tersebut.

BACA JUGA: Teknologi di Dalam Pesawat Ini Pastikan Penumpang Aman dari Potensi Penyebaran Covid-19

Setiawan mengaku keberadaan jembatan yang menghubungkan dusun Mangir Lor dan Kulonprogo, tepatnya Ngentakharjo, Lendah, itu sangat dibutuhkan warga terutama bagi petani dan buruh tani yang memiliki sawah di Kulonprogo. Selain itu juga merupakan akses sekolah karena da sejumlah warga Mangir Lor yang sekolah di Kulonprogo dan biasa lewat jembatan tersebut.

Sebab, kata dia, jika harus memutar lewat Jembatan Kamijoro terlalu jauh, membutuhkan jarak tempuh lebih dari tiga kilometer. Demikian jika harus melewati jembatan Sudo harus menempuh jarak sekitar tujuh kilometer. Sejauh ini diakuinya memang warga belum mengajukan pembuatan jemnatan permanen.

Alasannya jembatan sasak itu dipertahankan karena menjadi ikon wisata di Mangir Lor. Jauh sebelum adanya jembatan Kamijoro, jembatan sasak di Mangir Lor sempat ramai dikunjungi wisatawan terutama para remaja sehingga tidak heran jembatan sasak yang dibuat warga itu sempat tenar dengan nama jembatan cinta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement