Advertisement

Libur Panjang, Wisata di Sleman Maksimalkan Reservasi Online

Lajeng Padmaratri
Sabtu, 15 Agustus 2020 - 08:27 WIB
Sunartono
Libur Panjang, Wisata di Sleman Maksimalkan Reservasi Online Direktur Utama Badan Otorita Borobudur Indah Juanita, Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataan BOB, Bisma Jatmika, dan Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo, saat pelatihan di Tebing Breksi, Jumat (7/8/2020) - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Untuk menghadapi libur panjang akhir pekan ini, Dinas Pariwisata Sleman mengoptimalkan reservasi daring. Selain untuk memudahkan pencatatan data wisatawan dari zona tertentu, reservasi daring bisa untuk menyesuaikan aspek carrying capacity di destinasi wisata.

Kepala Dispar Sleman, Sudarningsih mengimbau wisatawan yang akan datang ke Sleman untuk melakukan reservasi daring. Saat ini, semua  destinasi wisata di Sleman yang terdaftar pada aplikasi Visiting Jogja sudah dapat melakukan reservasi online antara lain Tebing Breksi, Kaliurang, Gardu Pandang Boyong, Jogja Exotarium, Museum Gunung Merapi, Agro Wisata Bumi Merapi, Grojogan Watu Purbo, dan Monumen Jogja Kembali.

Advertisement

BACA JUGA : 66 Destinasi dan UJP di Sleman Ajukan Rekomendasi Wisata 

"Justru kalau reservasi online lebih mudah untuk menghitung jumlah kunjungan dan menyesuaikan dengan carrying capacity-nya," kata Ningsih, Jumat (14/8/2020).

Reservasi dilakukan dengan cara mengunduh aplikasi Visiting Jogja kemudian memilih menu reservasi dan destinasi yang ada di Sleman. Setelah mendaftar, saat datang di lokasi, pengunjung tinggal menunjukan QR code yang tertera pada layar ponsel. Sementara itu, untuk retribusi masih dilakukan manual.

Saat ini, ada total 18 destinasi wisata di Sleman yang telah mendapatkan rekomendasi operasional terbatas.

BACA JUGA : Objek Wisata di Sleman Mulai Dibuka, Wisatawan Berdatangan

"Kami juga baru mengaktifkan reservasi untuk dua destinasi candi, yaitu Candi Sambisari dan Candi Ijo. Insyaallah paling lambat libur akhir pekan minggu ini, dua candi itu sudah melakukan operasional terbatas dan dapat dilakukan reservasi online," imbuhnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement