Advertisement

Belajar dari Youtube Cara Merogoh Jok Motor, Pria Ini Gasak 6 Ponsel & Uang Jutaan Rupiah

Lajeng Padmaratri
Jum'at, 21 Agustus 2020 - 06:27 WIB
Sunartono
Belajar dari Youtube Cara Merogoh Jok Motor, Pria Ini Gasak 6 Ponsel & Uang Jutaan Rupiah Tersangka pencurian spesialis merogoh jok motor, WP, 37, mempraktikkan cara dia melakukan pencurian ponsel yang diletakkan di dalam jok di Mapolres Kulonprogo, Kamis (20/8/2020). - Harian Jogja/Lajeng Padmaratri.

Advertisement

Harianjogja.com, PENGASIH--Kemajuan teknologi rupanya dimanfaatkan seorang warga Purworejo, Jawa Tengah untuk berbuat kriminal. Ia belajar cara merogoh jok motor dari media sosial YouTube. Namun, hal itu justru dilakukan untuk mencuri ponsel yang diletakkan di dalam jok motor.

Aksi ini diungkap jajaran Unit Reskrim Polsek Wates, Kulonprogo. Jawatan ini menangkap WP, 37, warga Purworejo yang melakukan pencurian sejumlah ponsel dengan merogoh jok motor yang terparkir di Alun-Alun Wates, Kulonprogo.

Advertisement

Kasatreskrim Polres Kulonprogo, AKP Munarso membeberkan atas aksinya itu, WP menggasak enam unit ponsel pintar dan uang jutaan rupiah dari hasil merogoh jok motor. Hal ini lantaran sejumlah pengendara motor di Alun-Alun Wates seringkali meninggalkan barang berharga mereka di dalam jok motor ketika berolahraga.

BACA JUGA : Bermodal Obeng, Kawanan Pencuri Ini Hanya Butuh Waktu 1 

"Kami mengingatkan masyarakat untuk jangan meletakkan barang berharga di jok motor, karena terlalu mudah untuk diangkat karena bahannya dari plastik," kata Munarso, Kamis (20/8/2020).

WP menuturkan ia melakukan tindakan pencurian itu untuk membiayai kehidupan sehari-hari. Saat melakukannya, ia bahkan mengaku tidak butuh waktu lama untuk menentukan target motor yang hendak dirogohnya.

"Saya sepintas lihat motor yang terparkir pada sekitar jam pagi atau sore saat orang-orang olahraga lari di alun-alun, biasanya mereka nggak bawa HP karena pakai celana kolor," ungkapnya.

Pria yang berprofesi sebagai pemulung ini bahkan mengaku tak khawatir ketahuan tukang parkir, lantaran saat ia beraksi umumnya belum ada tukang parkir yang berjaga. "Hanya butuh sekian detik untuk mengambil," imbuhnya.

BACA JUGA : Terlibat Pencurian dengan Kekerasan di Kawasan Jokteng

Mulanya, WP belajar teknik merogoh jok motor itu dari YouTube. Hal itu lantaran dirinya pernah punya pengalaman kunci motornya tertinggal di jok motor. Sehingga, ia mencari tutorial lewat internet bagaimana cara membuka jok motor tanpa kunci.

Residivis ini bahkan pernah terjerat kasus serupa di Magelang, Jawa Tengah. "Di Magelang [mencuri] HP juga," ujarnya.

Tidak hanya sendiri, tersangka WP ditemani dua orang temannya, yakni Rif, 30, dan Ilh, 25, yang juga warga Purworejo. Meski begitu, Rif hanya dikenai kasus tindak pidana ringan (tipiring) sementara Ilh masih termasuk dalam DPO.

Atas perbuatannya, WP dikenakan ancaman pidana sebagaimana dimaksud dalam pasal 363 ayat 1 KUHP dengan ancaman hukuman penjara 7 tahun. Ia kini ditahan di Mapolres Kulonprogo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement