Advertisement

Resmikan YIA, Jokowi Puji Sri Sultan & Pembangunan Bandara

Catur Dwi Janati
Jum'at, 28 Agustus 2020 - 14:47 WIB
Budi Cahyana
Resmikan YIA, Jokowi Puji Sri Sultan & Pembangunan Bandara Presiden Joko Widodo meresmikan Yogyakarta International Airport, Jumat (28/8/2020). - Istimewa/Muchlis Jr / Biro Pers Sekretariat Presiden

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Yogyakarta International Airport (YIA) atau Bandara Internasional Yogyakarta di Kulonprogo, Jumat (28/8/2020). Jokowi memuji proses pembangunan dan kualitas bandara di Kecamatan Temon tersebut.

Jokowi menyebut proses pembangunan YIA sangat cepat, hanya memakan waktu 20 bulan. Dari segi fasilitas, runway YIA jauh lebih panjang dibandingkan dengan Bandara Adisutjipto di Sleman. “Kalau kita bandingkan dengan airport lama Adisutjipto, panjangnya runway di sana 2.200 meter, yang di sini [YIA] 3.250 meter, jauh lebih panjang,” kata Jokowi dalam pidato.

Advertisement

BACA JUGA: Sambil Menanti Jokowi, Warga Kulonprogo Berebut Bantuan Sembako Kepresidenan 

Selain itu, keunggulan lain dari YIA juga terletak dari berbagai jenis pesawat yang dapat beroperasi. Jokowi menyebutkan Adisutjipto hanya  hanya untuk pesawat narrow body atau berbadan ramping. “Di sini [YIA] bisa didarati Airbus A380 dan Boeing 777, pesawat gede-gede bisa turun di sini karena runway 3.250 meter,” terangnya.

Terminal YIA juga lebih luas berkali-kali lipat dibandingkan dengan Adisutjipto. “Yang lama [Adisutjipto] 17.000 meter persegi, di sini [YIA] 219.000 meter persegi, berapa kali, 13-14 kali lipat dari yang lama.”

BACA JUGA: Jokowi Yakin YIA Akan Jadi Bandara Paling Ramai

Daya tampung YIA memang sangat besar. Kapasitas penumpang di Adi Sutjipto hanya 1,6 juta penumpang sementara di YIA mampu menampung 20 juta penumpang. “Ini tugas kita bersama bisa mendatangkan 20 juta itu, tapi bukan tugas yang ringan,” kata Jokowi.

“Dan tambahan informasi juga, bandara baru ini didesain memiliki daya tahan terhadap gempa sampai hingga 8,8 skala richter.Tadi Kepala BMKG, Bu Dwikorita [Dwikorita Karnawati] menyampaikan kepada saya, [YIA] juga bisa menahan gelombang tsunami hingga ketinggian 12 meter.”

BACA JUGA: Sudah Terkenal karena Film Tilik, Gotrek Tetap Jadi Sopir Truk

Dalam urusan pembiayaan, Jokowi menyebutkan biaya pembebasan lahan menghabiskan anggaran hingga Rp4,2 triliun. “Untuk konstruksi terminal maupun runway menghabiskan Rp7,1 triliun, artinya totalnya Rp11,3 triliun.”

“Dulu saya menyampaikan kepada Gubernur [DIY] awal-awal habisnya sekian, saya bagi, bapak [gubernur] urusan pembebasan lahan dan pengawasan,” sebut Jokowi.

BACA JUGA: Novel Baswedan Positif Covid-19

Presiden juga memuji Sri Sultan HB X yang menurutnya sangat detail merancang bandara.

"Beliau sangat detail dan sangat mumpun, keahlian beliau sangat kelihatan di desain arsitektur di YIA,” terangnya.

“Saya terima kasih kepada PP dan Angkasa Pura I. Menurut saya, bandara ini terbaik saat ini di Indonesia,” tukas Jokowi.

Jokowi didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur DIY Sri Sultan HB X, dan Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Pemkot Jogja Bakal Tambah Kapasitas TPS 3R

Pemkot Jogja Bakal Tambah Kapasitas TPS 3R

Jogjapolitan | 35 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Diserang Israel, Iran Sebut Fasilitas Nuklir Aman dan Siap Membalas dengan Rudal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement