20 Persen Warga DIY yang Meninggal karena Corona Tak Punya Penyakit Penyerta

Ilustrasi. - Freepik
18 September 2020 18:37 WIB Lugas Subarkah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Kasus positif Covid-19 tanpa penyakit komorbid meninggal dunia ditemukan di Bantul.Hal ini ternyata bukan hal baru dalam pandemi Covid-19, karena sejak awal virus Corona mampu menjadi begitu ganas hingga membuat nyawa tak tertolong meski tanpa penyakit penyerta.

Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan Covid-19 DIY, Berty Murtiningsih, menjelaskan dari total 53 kasus meninggal di DIY, 20% di antaranya tidak memiliki catatan penyakit komorbid. “Tapi dari 20 persen itu, semuanya berusia di atas 50 tahun,” ujarnya, Jumat (18/9/2020).

Ia menjelaskan Covid-19 memang dapat menyebabkan pasien meninggal, disebabkan keganasan virus itu sendiri dan imunitas pasien yang lemah. Pasien covid-19 dengan usia di atas 50 tahun kata dia, termasuk dalam kelompok usia rentan sehingga imunitasnya pun kebanyakan tidak maksimal.

BACA JUGA: Sudah 4 Pasien Corona Asal Bantul yang Meninggal Meski Tanpa Penyakit Penyerta

Senada dengan Berty, Epidemiolog UGM, Riris Andono Ahmad, mengatakan covid-19 sejak awal memang memungkinkan untuk menyerang pasien hingga meninggal. “Sejak awal memang ada [kasus meninggal tanpa penyakit komorbid],” ungkapnya.