Jaring Pemimpin Berkualitas, Seleksi Pamong Desa Donoharjo Bekerja Sama dengan LP3M UMY

Kegiatan seleksi Pamong Desa Donoharjo, Kecamatan Ngaglik, Sleman di Gedung KH. Ibrahim, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Rabu (23/9/2020). - Ist/Dok UMY
26 September 2020 15:47 WIB Nina Atmasari Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Program Seleksi Pamong Desa merupakan salah satu pengabdian Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dan bentuk layanan masyarakat yang dilakukan oleh Lembaga Penelitian, Publikasi, Penerbitan dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) untuk menyeleksi para calon perangkat desa sesuai dengan peraturan daerah untuk menghasilkan pimpinan dengan kapabilitas yang memumpuni.

Seleksi pamong desa ini dilakukan untuk menyeleksi calon perangkat desa di Desa Donoharjo, Kecamatan Ngaglik, Sleman yang diadakan pada hari Rabu (23/9/2020) di Gedung KH. Ibrahim, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan.

Baca juga: Cegah Stunting, Poltekkes Kemenkes Jogja Deklarasi Desa Literasi Kesehatan di Umbulrejo

Kepala LP3M UMY Gatot Supangkat mengatakan program seleksi pamong desa ini merupakan bentuk pelayanan dan pengabdian masyarakat agar seleksi perangkat desa menjadi lebih objektif. Tujuan adanya kegiatan ini adalah melakukan seleksi seobjektif mungkin dan berjalan dengan proses yang baik.

”Tujuan seleksi ini adalah agar desa bisa mendapatkan orang yang kapabel, karena seleksi ini sesuai dengan peraturan daerah kabupaten, yaitu seorang calon diseleksi berdasarkan pengetahuan yang dilihat dari pengetahuan Pancasila, Undang-Undang Dasar, dan sistem pemerintahan," katanya.

Baca juga: Budi Wibowo Resmi Jadi Penjabat Bupati Bantul

Selain itu juga berkaitan dengan pengetahuan lokal yaitu bagaimana menjadi perangkat desa, dan kemampuan teknis terdiri praktik komputer, pidato bahasa jawa, dan tahap wawancara sehingga harapannya benar-benar calon yang diusulkan yang terbaik dan akan diangkat nantinya.

Kepala Divisi Pengabdian Masyarakat LP3M UMY, Adhianty Nurjanah, menambahkan bahwa seleksi pamong desa ini merupakan salah satu bentuk pengabdian dan pelayanan masyarakat yang dilakukan oleh UMY khususnya dalam membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan pengembangan kewilayahan serta memperluas jaringan kerjasama khususnya antara Pemerintah Desa Donoharjo dan LP3M UMY.

Adhianty mengaku LP3M UMY telah menyiapkan proses seleksi yg detail, mulai dari praseleksi hingga saat penyeleksian berlangsung. Pada pelaksanaan tes ini terdapat tiga formasi yang menjadi proses penyeleksian, yaitu kepala dukuh, kasi pelayanan, dan kasi kesejahteraan.

"Selain itu juga, pelaksanaan ini juga menggunakan protokol kesehatan, seperti sebelumnya ruangan diberi disinfektan, menerapkan cek suhu, penyediaan handsanitizer, penerapan jaga jarak, penggunaan faceshield dan masker pada setiap peserta dan petugas seleksi,” tutupnya.