Advertisement

Rentan Corona, PKL Lansia di Malioboro Diistirahatkan

Catur Dwi Janati
Senin, 05 Oktober 2020 - 17:57 WIB
Bhekti Suryani
Rentan Corona, PKL Lansia di Malioboro Diistirahatkan Ilustrasi. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Berbagai strategi pencegahan penyebaran Covid-19 di Malioboro terus diterapkan. Setelah pemberlakuan zonasi, penerapan kode QR hingga pemisahan alur pejalan pedestrian, pedagang lansia pun diistirahatkan.

Kepala UPT Malioboro, Ekwanto menyebutkan bahwa pihaknya telah mengimbau kepada masing-masing komunitas untuk meminta pedagang lansia untuk sementara tidak berjualan. Bahkan Ekwanto mengklaim, imbauan tersebut tidak diberikan ssatu dua kali, tapi beberapa kali dan juga melalui forum-forum kecil. "Melalui forum-forum kecil kalau ada yang sepuh nyuwun sewu untuk diedukasi jangan di Malioboro dulu, karena rentan penularan Covid," terang Ekwanto Senin (5/10/2020).

Advertisement

Selain itu Ekwanto berpendapat jika para lansia mungkin memiliki imun yang lebih rendah dari yang muda. "Rawan terhadap OTG yang kelihatan enggak sakit tapi carier, kami khawatirkan di situ, jadi lansia melalui komunitas masing-masing dari sekup untukmemberikan pengertian, tidak semata-mata melarang," tandasnya.

BACA JUGA: Pusat Studi Pancasila UGM Usulkan Sejarah G30S Ditulis Ulang, Ini Alasannya

Meski sebenarnya telah diimbaukan sejak kembali lama, diakui Ekwanto tingkat kesadaran PKL lansia meningkat pasca adanya satu PKL Malioboro yang notabenenya lansia meninggal dunia. "Kalau beberapa waktu yang lalu sebelum ada yang meninggal banyak banget itu yang sepuh-sepuh, sekarang sudah berkurang banyak," ujarnya.

"Usia 50-60 tahun sudah kita imbau untuk tinggal di rumah, yang di Malioboro mungkin bisa keluarganya, anaknya dan sebagainya," tambah Ekwanto. Menurut catatan Ekwanto, persentase PKL lansia tidak banyak sekitar 10 persen dari total 2500 PKL Malioboro. "Penjual-penjual yang senior itu biasanya," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Badan Geologi Menyebut Ketinggian Tsunami Akibat Erupsi Gunung Ruang Diprediksi hingga 25 Meter

News
| Kamis, 18 April 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement