Advertisement

Satu Peserta Unjuk Rasa di Ricuh Malioboro Reaktif Rapid Test

Hafit Yudi Suprobo
Jum'at, 09 Oktober 2020 - 21:37 WIB
Bhekti Suryani
Satu Peserta Unjuk Rasa di Ricuh Malioboro Reaktif Rapid Test Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Sebanyak 95 orang peserta unjuk rasa yang melakukan aksinya di sejumlah titik yang ada di Malioboro ditangkap oleh polisi pada Kamis (8/10/2020) lalu. Dari 95 orang, satu orang dinyatakan reaktif setelah dilakukan pemeriksaan rapid rest.

Kasat Reskrim Polresta Jogja AKP Rico Sanjaya mengatakan jika upaya rapid rest dilakukan dalam rangka mendukung terciptanya protokol pencegahan penularan Covid-19. Di sisi lain, pihaknya berupaya memutus mata rantai penularan Covid-19 yang berpotensi muncul dari aksi unjuk rasa yang digelar di Malioboro pada Kamis (8/10/2020).

Advertisement

"Nah, setelah diamankan ke resta semua massa dilakukan rapid test dan satu dari 95 orang itu reaktif," ujar AKP Rico Sanjaya saat dikonfirmasi di Mapolresta Jogja, Jumat (9/10/2020).

Oleh karena itu, pihaknya langsung memulangkan satu orang peserta aksi unjuk rasa yang diketahui reaktif tersebut. Dengan harapan, segera melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Tidak hanya dilakukan rapid test, peserta aksi massa yang diketahui reaktif tersebut nantinya juga akan dilakukan tes usap.

BACA JUGA: 3 Orang yang Dipidana karena Rusuh di Malioboro Masih Anak-Anak

"Maka dari itu, kami memulangkan untuk melakukan isolasi mandiri dan ini juga informasi terakhir akan dilakukan swab untuk memastikannya. Untuk 94 orang itu non reaktif," sambung Rico.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Jogja Heroe Poerwadi menyayangkan aksi unjuk rasa yang berakhir ricuh di sekitar Malioboro pada Kamis (9/10/2020) lalu. Menurutnya, aksi yang berujung ricuh tersebut sangat tidak biasa terjadi di kota Jogja.

"Alis demonstrasi yang berujung ricuh seperti ini sangat sangat tidak seperti biasanya dilakukan di kota Jogja," ungkap Heroe.

Adapun, upaya rapid test sendiri baru menyasar buruh yang ingin melakukan audiensi kepada Gubernur DIY Sri Sultan HB X. Sedangkan, kepada peserta aksi yang melancarkan aksinya di gedung DPRD DIY maupun di sejumlah titik di Malioboro belum dilakukan upaya rapid test.

"Yang di Kepatihan itu kan mau ketemu Gubernur ya, makanya kita rapid test," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement