YIA Jadi Embarkasi Haji, Pemda DIY Cari Lahan untuk Bangun Asrama

Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Haji, usai mengikuti video conference Pemda DIY dengan Kemenag, Rabu (4/11). - Harian Jogja/Lugas Subarkah.
04 November 2020 17:37 WIB Lugas Subarkah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-- Yogyakarta International Airport (YIA) ditunjuk menjadi embarkasi haji oleh Kementerian Agama. Menindaklanjuti hal ini, Pemda DIY akan mencari lahan untuk membangun asrama.

Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji, menjelaskan untuk pembangunan asrama tersebut dibutuhkan lahan setidaknya 5 hingga 10 hektar, dengan jarak tempuh dari YIA paling jauh satu jam. “Ngarsa Dalem [Gubernur DIY] baru mau mencari lokasi bagusnya dimana,” ujarnya usai mengikuti video conference Pemda DIY dengan Kemenag, Rabu (4/11/2020).

Embarkasi sekaligus asrama haji di DIY ini kata dia, menjadi kebutuhan dalam pemberangkatan haji, apalagi kondisi asrama haji untuk embarkasi Solo sebenarnya belum memenuhi syarat. Kemenag RI pun menilai YIA sudah memenuhi syarat bahkan berada di atas minimal ketentuan untuk sebuah embarkasi.

BACA JUGA : Ini Lahan di Kulonprogo yang Akan Dibangun Embarkasi Haji

“YIA sudah memenuhi syarat mulai dari panjang landasan 3.000 meter, luas bandara yang bisa didarati oleh pesawat-pesawat berbadan besar, yang tentu kapasitas penumpangnya banyak, sehingga lebih efisien,” ungkapnya.

Pemberangkatan haji dari DIY paparnya, per tahun sekitar 3.500 jamaah. Sementara dari daerah sekitar seperti Wonosobo, Madiun, Pacitan dan lainnya sekitar 7.000 jamaah. Maka asrama haji yang akan dibangun nanti setidaknya harus berkapasitas 10.000 jamaah.

Kepala Kantor Wilayah Kemenag DIY, Edhi Gunawan, menuturkan penunjukan embarkasi haji ini merupakan bentuk optimalisasi YIA yang kini telah beroperasional. “Agar bisa dimanfaatkan lebih maksimal untuk kualitas layanan di Jogja, salah satunya untuk embarkasi,” katanya.

Pada 2020 ini kata dia, masih dalam proses persiapan lahan untuk asrama, yang bekerjasama dengan Pemda DIY. Saat ini, embarkasi haji di Indonesia ada di 13 lokasi, dimana untuk jamaah DIY dan Jawa Tengah biasanya ikut embarkasi haji di Solo.

BACA JUGA : Ini 3 Opsi untuk Pembangunan Embarkasi Haji di Jogja

Dengan dijadikannya embarkasi haji baru di YIA, diharapkan dapat membagi jamaah haji di DIY dan Jawa Tengah menjadi di dua lokasi, Solo dan Jogja. “Nanti sebagian di Jogja sebagian di Solo, supaya pelayanan jamaah bisa lebih efektif,” ujarnya.