Advertisement

Merapi Siaga, Kelompok Rentan Mulai Dievakuasi

Hafit Yudi Suprobo
Sabtu, 07 November 2020 - 19:47 WIB
Galih Eko Kurniawan
Merapi Siaga, Kelompok Rentan Mulai Dievakuasi Kelompok rentan mulai dievakuasi ke barak Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman, Sabtu (7/11/2020).-Harian Jogja - Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Warga di Dusun Kalitengah Lor, Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman yang berada di lereng Gunung Merapi, khususnya kelompok rentan, mulai dievakuasi pada Sabtu (7/11) siang menyusul status Siaga untuk Merapi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sleman Joko Supriyanto mengatakan pengungsi yang dievakuasi sudah disiapkan partisi (kamar) di barak pengungsian yang berada di dekat Balai Desa Glagaharjo. Setiap partisi diperuntukkan satu orang sedangkan untuk yang suami istri bisa dua orang

Advertisement

“Ada sekitar 80 partisi yang disiapkan di barak pengungsian pengungsian. Sementara ini masih cukup, kalau tidak cukup akan disiapkan lagi di SDN Muhammadiyah Cepitsari Glagaharjo sekitar 40 partisi lagi,” ujarnya di barak pengungsian Glagaharjo, Sabtu (7/11/2020).

Upaya evakuasi kepada kelompok rentan dilakukan sesuai dengan standar operasional prosedur yang dimiliki BPBD Sleman. Jika status Merapi naik menjadi Siaga, maka kelompok rentan dan ternak harus diungsikan.

Mengenai barak pengungsian selain di Glagaharjo, untuk warga Kalitengah Lor khususnya kelompok rentan barak pengungsian yang ada di Glagaharjo sudah cukup. Akan tetapi, jika seluruh warga Kalitengah Lor yang berjumlah sekitar 500 orang dievakuasi, sejumlah barak pengungsian siap untuk digunakan, seperti di Gayamharjo yang berkapasitas sekitar 300 orang.

Warga yang dievakuasi berasal dari Kalitengah Lor karena berdasarkan rekomendasi dari BPPTKG, lokasi Kalitengah Lor memang berstatus bahaya selain di wilayah Kaliadem dan Pelemsari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement