Produk Ekspor dari 50 IKM DIY Dipamerkan Secara Daring

Panitia Jogja Premium Export Virtual Expo 2020 menampilkan layout pameran virtual. - ist
09 November 2020 08:47 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak 50 Industri Kecil dan Menengah (IKM) DIY yang memiliki produk berkualitas ekspor akan dipamerkan dalam Jogja Premium Export Virtual Expo 2020 pada Kamis (12/11/2020) hingga MinggU (15/11/2020). Pameran yang digelar secara online itu memberikan kesempatan bagi pengunjung atau buyer dari berbagai negara dunia untuk ikut serta memilih produk hingga melakukan transaksi.

Kepala Dinas Perdagangan DIY Aris Riyanta menjelaskan pameran secara online ini akan dikemas seperti konsep offline. Pada saat pengunjung mulai masuk melalui platform akan disambut dengan keberadaan ilustrasi gedung sebagai lokasi pameran serta titip stand IKM. Sehingga pengunjung bisa merasakan seperti berada di pameran offline. Adapun venue studi berada di Kasultanan 3 Royal Ambarrukmo Hotel.

BACA JUGA : Dukung UMKM di Masa Pandemi, Camat Banguntapan

“Pameran ini upaya pemerintah untuk menggairahkan Kembali roda perekonomian , di mana untuk DIY pada kuartal pertama dan kedua terkena dampak Covid-19. Pameran ini tampil dengan platform digital terintegrasi,” katanya dalam rilis yang diterima Senin (9/11/2020).

Event ini sekaligus sebagai terobosan bagi pemilik produk IKM agar bisa meningkatkan transaksinya di tengah pandemi Covid-19 serta memberikan efek pendukung dalam pemulihan pergerakan kegiatan ekonomi di DIY. Pameran ini untuk mmefasilitasi produk ekspor IKM DIY serta mendorong berkembangnya desain produk unggulan DIY.

"Kami melakukan pameran secara online, ini sebagai terobosan, harapannya pengunjungnya bisa skala internasional. Kami juga informasikan ke Indonesia Trade Promotion Center [ITPC] di 191 negara, ini akan bisa dikunjungi banyak negara. Pelaksanaan tetap dilakukan dengan menjaga adab kebiasaan baru," ungkapnya.

BACA JUGA : Omset Anjlok Terdampak Pandemi, UMKM di Modinan Ajak

Melalui pameran ini pengunjung tetap bisa berinteraksi dengan peserta pameran atau penjaga stand. Bisa melihat produk hingga meminta daftar harga serta bisa melakukan komunikasi antara pengunjung atau buyer dengan peserta pameran atau seller.

Dalam pameran ini akan menampilkan sebanyak 50 IKM terdiri atas furniture, craft, fashion, home decoration dan food and baverage. Produk IKM tersebut telah berkualitas ekspor sehingga calon pembeli bisa melakukan transaksi. Adapun sebagai kegiatan pendukung akan digelar talkshow menghadirkan narasumber dari dalam maupun luar negeri hingga menampilkan fashion show karya 20 desain terkenal.

“Selain itu ada talkshow yang diisi secara live ITPC Sidney, ITPC Dubai dan Wakil Duber Arab Saudi. Kemudian diisi hiburan sejumlah musisi, mulai dari Shaggy Dog, NDX hingga D’Massive,” kata Aris.