6 Pasar di Gunungkidul Ini Diawasi dengan CCTV

Ilustrasi CCTV. - Reuters
24 November 2020 08:17 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Gunungkidul memasang CCTV dan pengeras suara di enam pasar tradisional. Pemasangan fasilitas ini selain untuk keamanan juga sebagai upaya pengawasan terhadap pelaksanaan protokol kesehatan di lingkungan pasar.

Kepala Disperindag Gunungkidul, Johan Eko Sudarto mengatakan, enam pasar tradisional yang akan dipasang CCTV meliputi Argosari di Kapanewon Wonosari; Semin, Kapanewon Semin, Pasar Playen, Pasar Legundi di Kapanewon Panggang, Pasar Munggi di Kapanewon Semanu, serta Pasar Trowono di Kapanewon Paliyan. Menurut dia, pemasangan sudah dimulai satu bulan lalu dan ditargetkan selesai di akhir November.

“Tahun ini baru Argosari dan Playen. Sedangkan empat pasar lainnya direncanakan dipasang tahun depan,” katanya, Senin (23/11/2020).

Baca juga: Kuliah tatap Muka Bisa Dimulai, Ini Respons Kampus di DIY

Johan mengungkapkan, pemasangan kamera pengaman bertujuan untuk meningkatkan keamanan di lingkungan pasang. Hanya saja, saat disinggung mengenai besaran anggaran, ia belum bisa memaparkan secara pasti karena data masih berada di bidang pasar. “Yang jelas sudah dialokasikan dan sudah mulai dipasang,” katanya.

Selain memasang CCTV, di lokasi pasar juga dipasang alat pengeras suara. Menurut dia, fasilitas ini dipasang untuk melengkapi sarana dan prasarana yang ada. Johan mengakui, alat-alat ini banyak manfaatnya. Sebagai contoh, CCTV tidak hanya untuk keamanan, tapi juga dapat dimanfaatan untuk melihat aktivitas di pasar.

Tak hanya itu, lanjut dia, CCTV dan pengeras suara juga dapat dioptimalkan dalam pelaksanaan protokol kesehatan di lingkungan pasar sehingga upaya memutus mata rantai penyebaran corona dapat dimaksimalkan. Pasalnya, dengan alat-alat tersebut aktivitas pasar bisa terlihat dan pada saat terjadi kerumuman bisa diumumkan lewat pengeras suara agar pengunjung bisa saling menjaga jarak. “Kami berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan di pasar,” katanya.

Baca juga: Satu per Satu Kantor Pemerintah di Kulonprogo Tutup karena Corona

Hal tak jauh berbeda diungkapkan oleh Sekretaris Disperindag Gunungkidul, Virgilio Soriano. Menurut dia, upaya peningkatan layanan dan keamanan tidak hanya pemasangan CCTV, namun juga akan memasang layanan wifi di pasar. “Wifi di pasar sudah dipasang,” katanya.

Virgilio mengungkapkan, pemasangan CCTV dan peralatan lainnya bukan satu-satunya program yang dilaksankaan. Pasalnya, disperindag juga rutin melakukan perbaikan pasar. Untuk tahun ini, salah satu program perbaikan dilakukan di Pasar Munggi, Semanu. “Setiap tahun ada perbaikan dan kami komitmen terhadap program ini karena menjadi bagian dalam meningkatkan pelayanan,” katanya.