Kepala Dinsos DIY Kukuhkan Pengurus Forkom Taman Anak Sejahtera

Ketua Umum Forkom TAS DIY, Tugiantini dan Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos DIY Budhi Wibowo dalam Musyawarah Wilayah Forkom TAS DIY di Aula Kantor Dinsos DIY, Rabu (3/12/2020) - Harian Jogja/Dok.
05 Desember 2020 07:07 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Kepala Dinas Sosial (Dinsos) DIY Endang Patmintarsih meresmikan Forum Komunikasi Taman Anak Sejahtera (Forkom TAS) DIY. Ke depannya Forkom TAS DIY akan menjadi perpanjangan tangan Dinas Sosial DIY dalam penyelenggaraan program pelayanan, perlindungan, pengasuhan, dan pemenuhan hak-hak anak, khususnya anak di bawah lima tahun (balita).

“Harapannya, nanti bisa bertindak sebagai sarana informasi dan edukasi kepada masyarakat. Agar juga permasalahan anak tidak semakin bertambah, tapi justru berkurang,” kata Endang pada acara Musyawarah Wilayah Forkom TAS DIY di Aula Kantor Dinsos DIY, Rabu (3/12/2020.

Pengukuhan pengurus Forkom TAS DIY berlandaskan Surat Keputusan Gubernur DIY. Meskipun kepengurusan baru dikukuhkan oleh Kepala Dinsos DIY tahun ini, Forum TAS sudah berjalan sejak 2010.

Menurut Ketua Umum Forkom TAS DIY, Tugiantini, saat ini ada 34 TAS di DIY. Secara umum, TAS memberikan pendampingan pada balita telantar, baik karena ketidakmampuan ekonomi keluarga, permasalahan pengasuhan atau faktor lainnya.

“Walaupun khusus untuk balita, kami menangani orang telantar lain yang bisa kita layani, seperti lansia dan disabilitas,” kata Tugiantini.

Selain mendampingi balita telantar, Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos DIY Budhi Wibowo berharap agar TAS menjadi sarana konsultasi keluarga. Ke depannya keluarga bisa meningkatkan kualitas pendampingan dan mewujudkan kesejahteraan dan kebahagiaan balita.

“TAS mampu berjejaring dengan dunia usaha dalam rangka meningkatkan peran dunia usaha dalam berkontribusi pada tumbuh kembang balita,” kata Budhi. (Adv)